Senin 18 Oktober 2021, 13:25 WIB

Wagub DKI Optimistis Banjir Jakarta Tahun Ini Semakin Berkurang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wagub DKI Optimistis Banjir Jakarta Tahun Ini Semakin Berkurang

Antara
Waduk Ciawi

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria optimistis tahun ini dampak banjir Jakarta akan berkurang maksimal. Sebab, pada akhir tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dua waduk yakni Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di wilayah hulu yakni Kabupaten Bogor bisa dioperasikan.

Waduk-waduk tersebut berfungsi untuk membagi debit air Kali Ciliwung sehingga debit yang sampai ke Jakarta bisa berkurang 30% untuk mengurangi dampak banjir.

"Iya kita berharap di akhir tahun ini waduk yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat dalam tiga tahun terakhir ini bisa difungsikan seperti disampaikan pemerintah melalui Kementerian PUPR. Insyaallah di akhir tahun ini waduk di Ciawi dan Sukamahi bisa difungsikan. Kalau itu bisa difungsikan insyaallah akan terjadi pengurangan aliran air," kata pria yang akrab disapa Ariza itu di Balai Kota, Senin (18/10).

Baca juga : Langgar PPKM, Holywings Tebet Ditutup 1 Pekan dan Denda Rp50 juta

Pihaknya memang sudah sejak lama mengusulkan agar di wilayah hulu dan tengah dibangun banyak waduk untuk mengurangi debit air. Hal ini tentunya juga akan mengurangi debit air yang mengalir ke wilayah tengah seperti Depok, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan dan mencegah banjir di wilayah tersebut.

Di sisi lain, Pemprov DKI juga terus melakukan berbagai upaya pengurangan banjir semisal pembangunan waduk, pengerukan lumpur di waduk, saluran, kali, dan embung, serta membuat sumur resapan.

"Ya antisipasi banjir seperti pada tahun-tahun lalu ya. Sudah berbagai upaya kita lakukan melalui pencegahan, penanganan, dan pengendalian banjir. Beberapa waktu lalu sudah ada apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan ya yang dipimpin langsung Pak Gubernur. Termasuk jajaran dann instansi terkait kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta termsuk relawan yang banyak sekali yang akan mmbantu pencegahan, penanganan, dan pengendalian menghadapi musim hujan," pungkasnya.(OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Banyak Pohon Tumbang Imbas Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Depok

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 27 November 2021, 22:06 WIB
Akibatnya, sebagian pengendara roda empat terpaksa memilih jalan...

Korban Mutilasi di Bekasi Pengemudi Ojol

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:51 WIB
Zarul Ulia, paman korban, mengatakan dua pekan lalu pria berusia 28 tahun itu sempat pamit untuk mencari kamar...

Potongan Tubuh Manusia Ditemukan di Jalan Pantura Karawang-Bekasi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 27 November 2021, 19:25 WIB
Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, polisi membawa potongan tubuh tersebut ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya