Sabtu 02 Oktober 2021, 17:30 WIB

Anies Baswedan Gelar Gerebek Lumpur Perbesar Daya Tampung Kali

Selamat Saragih | Megapolitan
Anies Baswedan Gelar Gerebek Lumpur Perbesar Daya Tampung Kali

MI/Andri Widiyanto.
Petugas dari Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat menggunakan alat berat saat melakukan pengerukan lumpur di Kali Veteran, Gambir.

 

UNTUK mengantisipasi banjir pada musim hujan tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Gerebek Lumpur. Kegiatan ini merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan menggunakan alat berat secara masif dan serentak di lima wilayah Kota Jakarta.

"Kegiatan ini telah dimulai sejak 24 Maret 2021 di wilayah Jakarta Timur dan dilanjutkan empat wilayah kota lain secara bertahap mulai September hingga Desember 2021," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Instagram resminya, @aniesbaswedan, di Jakarta, Sabtu (2/10). Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan menggunakan alat berat secara masif dan serentak di lima wilayah Kota Jakarta.

Dalam kegiatan ini, lanjut Anies, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 408 personel dari lima wilayah kota, dilengkapi 46 alat berat excavator amphibi dan 123 dump truck. Dia mengatakan, Gerebek Lumpur merupakan upaya meningkatkan daya tampung sungai pada musim penghujan.

"Pengerukan sedimen lumpur dan sampah dilakukan sebagai upaya meningkatkan volume tampungan air di kali atau sungai pada saat musim hujan serta melancarkan aliran air yang tersumbat sampah," kata Anies. Meski terus dilakukan normalisasi sungai, Anies mengingatkan tetap perlu peran dan kerja sama warga untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya.

"Begitu juga menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya genangan saat musim penghujan," katanya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Kali Jantung Meluap, Warga Sukamaju Kota Depok Kebanjiran

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 30 November 2021, 15:32 WIB
Selain hujan deras, banjir disana juga akibat pembangunan perumahan sehingga air Kali Jantung tidak mengalir lancar dari hulu ke...
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Polisi Tetapkan Kakek Lawan Arah di Tol Cikunir Jadi Tersangka

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 14:53 WIB
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan meski telah ditetapkan sebagai tersangka, namun polisi tidak menahan...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Polda Metro Jaya akan Buat Jakarta Sepi Saat Malam Tahun Baru

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 14:42 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya akan membuat Jakarta sepi saat perayaan malam tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya