Senin 20 September 2021, 12:14 WIB

Anies: Dunia Tercengang Indonesia Berhasil Atasi Wabah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies: Dunia Tercengang Indonesia Berhasil Atasi Wabah

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi kegiatan vaksinasi Covid-19 di Ponpes Minhaajurrosyidiin, Jakarta, Kamis (9/9).

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar apel tatap muka terbatas di halaman pendopo Balai Kota DKI Jakarta hari ini dalam rangka memperingati Rapat Raksasa Ikada.

Rapat raksasa yang terjadi pada 19 September 1945 itu merupakan rapat pertama yang diselenggarakan oleh Presiden ke-1 RI Soekarno pascakemerdekaan Indonesia.

Dihadiri oleh kurang lebib 300ribu warga, rapat tersebut dilakukan di lapangan Ikada yang kini menjadi kawasan Monumen Nasional di pusat Jakarta.

Dalam pidatonya, Anies mengambil hikmah dari peristiwa rapat tersebut. Dalam rapat itu, warga berkerumun bekerja sama demi terciptanya masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Kini hal itu diwujudkan melalui kolaborasi antara warga dan pemerintah termasuk dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Kita sekarang mengistilahkan dengan terminoligi kolaborasi kerja bersama seluruh komponen. Baik yang berada di jajaran atas nama negara dan baik di jajaran atas nama rakyat, dengan berbagai badan yang ada di dalamnya bekerja bersama-sama menghadapi pandemi ini," ungkap Anies, Senin (20/9).

Pemerintah melakukan tugasnya mengatasi pandemi dengan melakukan testing, tracing, dan treatment. Sementara, masyarakat melakukan tugasnya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kolaborasi itu pun berhasil mengantarkan Indonesia mengatasi pandemi. Kini kasus Covid-19 di Indonesia telah menurun jauh.

Tak ada lagi antrean di rumah sakit demi mendapatkan kamar perawatan. Tak ada lagi antrean masyarakat untuk membeli tabung oksigen demi kerabatnya yang sakit. Warga dunia pun terkejut karena Indonesia berhasil mengatasi wabah.

"Dan itu mengantarkan kita semua melewati masa masa sulit beberapa bulan yang lalu dan hari ini dunia menengok ke Indonesia dengan rasa cengang betapa kita bisa menjalani masa ujian kemarin dengan baik dan sekarang kita berasa di fase yang jauh jauh lebih aman. Ini mengulang peristiwa September 1945 ketika rakyat dan para pemimpinnya menyatakan sebarisan menyatakan selangkah dan menyatakan bergerak bersama," pungkasnya.

"Bapak, Ibu, khususnya kita yang bertugas di Jakarta jangan pernah anggap remeh peristiwa Ikada 1945. Itulah cikal bakal bangkitnya gerakan Rakyat di seluruh Indonesia. Inilah cikal bakal solidnya gerakan rakyat bersama dengan pemerintah. Karena itu sekarang ini solidnya kita bekerja bersama dalam menghadapi pandemi harus diteruskan dalam kerja bersama diberbagai aspek," tegasnya. (Put/OL-09)

Baca Juga

Instagram @fiaformulae

Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 08:00 WIB
Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara...
MI/Pius Erlangga

Ragam Teknologi Pengolahan Sampah Siap Perkuat ITF Sarana Jaya

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 22:15 WIB
BERAGAM teknologi pengolahan sampah akan diterapkan secara tepat guna dan ramah lingkungan dengan cara perubahan bentuk, komposisi,...
MI/Andri Widiyanto.

Pemkot Jakarta Pusat Audit Sumur Resapan di 400 Perkantoran

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:36 WIB
Pemkot Jakarta Pusat telah membentuk tiga tim untuk mengecek pembangunan sumur resapan perkantoran yang berada di tiga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya