Minggu 19 September 2021, 23:45 WIB

Umat Islam Sebagai Mayoritas Punya Tanggung Jawab Besar Jaga Persatuan

Selamat Saragih | Megapolitan
Umat Islam Sebagai Mayoritas Punya Tanggung Jawab Besar Jaga Persatuan

Antara
Wagub DKI Jakarta Riza Patria

 

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menilai umat Islam Indonesia mempunyai tanggung jawab lebih besar untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di Tanah Air. Pasalnya, Islam merupakan agama mayoritas yang memiliki peran sentral menjaga situasi bangsa yang kondusif dan damai.

“Kita sebagai umat muslim yang mayoritas itu punya tanggung jawab untuk memastikan terjadinya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” ujar Riza saat memberikan sambutan pada acara Musyawarah Wilayah Gerakan Pemuda Pembangunan Indonesia (GMPI) DKI, di Jakarta, Minggu (19/9).

Riza menambahkan, umumnya negara-negara mayoritas muslim di dunia jarang melakukan penindasan dan diskriminasi terhadap minoritas atau terhadap agama lainnya.

 

Islam, menurut Riza, merupakan agama yang bisa hidup berdampingan dengan agama lain.

 

“Di mana pun di republik ini dan di dunia ini, kalau mayoritasnya muslim, insyaalah tidak ada penindasan-penindasan terhadap minoritas. Coba lihat di belahan dunia, kalau mayoritas muslim di negara-negara tidak ada yang mayoritas menindas, mendiskriminasi dan menganaktirikan agama lain. Insyaalah Islam bisa hidup berdampingan dengan agama-agama yang ada di muka bumi ini,” lanjut Riza.

Dia berharap persatuan dan kesatuan merupakan roh yang lahir dari Sumpah Pemuda 1928. Roh ini kemudian masuk di dalam tubuh bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945, saat Soekarno-Hatta mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Karena itu, kata Riza, tugas para generasi penerus terutama para pemuda saat ini adalah menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa tersebut, sehingga bisa melestarikan dan mengisi kemerdekaan dengan damai.

“Perbedaan, keberagaman adalah keberkahan dan itu adalah kekayaan kita sebagai sebuah bangsa. Jadi, Indonesia ini kaya, hebat, besar karena kita terdiri dari banyak agama, suku, adat, flora, fauna dan sebagainya. Kekayaan kita luar biasa dan kita bisa bersatu, itu adalah kelebihan Indonesia karena kita dengan berbagai keragaman kita bisa bersatu,” ungkap Riza.

Selain dijaga, lanjutnya, persatuan dan kesatuan bangsa harus dirawat. Menurut dia, salah satu cara untuk merawatnya adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, ketidakadilan bisa menggoyahkan persatuan dan kesatuan.

“Karena itu, merawat Indonesia haruslah dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jangan sampai ada disorientasi dalam merawat persatuan, jangan sampai kita merawat persatuan tanpa tujuan yang jelas dan tegas,” pungkas Riza. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Rommy Pujianto

Taman Margasatwa Ragunan Mulai Buka Akhir Pekan Ini

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 14:03 WIB
"Betul. Insyaallah Sabtu, Ragunan buka," kata Bambang saat dikonfirmasi, Kamis...
MI/ANGGA YUNIAR

Satpol PP Jaring PSK, Manusia Gerobak dan Manusia Kolong Jembatan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 14:00 WIB
Budi mengatakan semua PMKS yang terjaring nantinya akan dilakukan pembinaan oleh Suku Dinas Sosial Jakarta...
Antara

PPKM Tangsel ke Level 2, Legislator Nilai Kesadaran Masyarakat Makin Baik

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 13:45 WIB
Peran pemerintah melakukan pemulihan ekonomi harus benar-benar serius agar perekonomian khususnya di Tangsel menggeliat lagi menuju ...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya