Sabtu 07 Agustus 2021, 20:05 WIB

Anies Baswedan: Masa Kuliah Merupakan Proses Pendewasaan Diri

mediaindonesia.com | Megapolitan
Anies Baswedan: Masa Kuliah Merupakan Proses Pendewasaan Diri

Ist
Gubernur DKI Anies Baswedan membuka acara Edufair Fondasi 22 Sesi PTN di SMAN 8 Jakarta, Sabtu pagi (7/8).

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, universitas itu pada intinya tempat untuk menumbuhkan minat dan potensi, sehingga jenjang pendidikan S1 harus dilihat sebagai pembelajaran dari segala aspek.

“Jadi kuliah jangan hanya dipandang satu bidang saja. Karena masa kuliah adalah masa pengembangan potensi diri.Saya merasakan, juga di kampus lain yang heterogen, (ada ilmu sosial yang bervariasi dan ada ilmu alam yang beragam). Ini  satu ekosistem yang baik,” ujar Anies ketika memberikan pembekalan sekaligus membuka acara Edufair Fondasi 22 Sesi PTN Big Dreams Big Choices One Day with UGM di SMAN 8 Jakarta, Sabtu pagi (7/8).

Acara ini dipandu oleh Alvito Dianova Gintings, Pemimpn Redaksi Detik,com yang juga orang tua siswa kelas XII SMAN 8 Jakarta,

Dalam pidato pembukaan yang dilakukan secara langsung via zoom, Anies yang alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan dirinya  merasakan kuliah di UGM yang berbekas sampai sekarang.

“Kampus UGM bagi saya seakan halaman rumah saya, sekitar 500 meter. Jadi masa kecil saya ya di Gedung  Pusat UGM itu, apalagi kalau musim Ramadan, lari-lari di sana, juga main sepak bola di lahan yang sekarang berdiri FEUI,” ungkap Anies

Anies menyarankan kepada para siswa dan juga prang tua, agar  memiilih bidang yang disukai dan minat yang tinggi ketika mendaftar kuliah.

“Jangan paksakan ambil bidang karena ingin dipuji lingkungan, misalkan minatnya di Fakultas Sastra tapi kalau di luaran sana tidak dianggap ranking tinggi dan bukan sesuatu yang membanggakan,” tuturnya.

 “Jadi, orangtua juga harus hati-hati menyarankan kepada anak dalam meilih jurusan agar nantinya tidak menyesal,” kata Anies.

Tentang persiapan kuiah, ini lanjut Anies, masa kuliah merupakan masa yang  tidak bisa diulang karena itu harus dimanfaatkan waktunya. “Kuliah 4 tahun akan beri pengalaman 8 atau 12 tahun.  Empat tahun itu durasi 4 tahun, tapi nilai pengalamannya bisa lebih 8 tahun,” tuturnya.

Mereka yang selama di kampus memanfaatkan waktunya aktif di kelas (belajar dengan rajin da menguasai materi) dan aktif di luar kelas, karena masa kuliah waktunya cukup longgar, serta memanfaatkan masa masa di luar kelas, untuk kembangkan potensi.

 “Jadi ketika mahasiswa, aktilah di dalam dan di luar kleas, apa saja,baik seni maupun budaya. Ini punya potensi pengembangan luar biasa” tambah Anies.

Anies juga menyebutkan bahwa indeks prestasi kumulatif (IPK) yang dimiliki  seorang sarjana akan mengantarkan pada wawancara, tetapi pengalaman di kampus mengantarkan seseorang meraih sukses di masa depan.

Pidato Gubernur DKI Jakarta mendapat apresiasi Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta,dra.Rita Hastuti MPd . Rita menyatakan terima kasih yang luar biasa pada Gubernur DKI Jakarta yang mau menyempatkan diri langsung memberikan pidato pembekalan dan pembukaan Edufair.

Rita Hastuti juga melaporkan bahwa anak didiknya yangbaru lulus 2021 ini sebanyak 91%  diterima di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) unggulan yakni ITB, UI, dan UGM, selebihnya 9% di terima di perguruan tinggi luar negeri dan PTN ainnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Tute Wiji Hastuti yang  mewakili Komite Sekolah SMAN 8 Jakarta, mengatakan, agar para Rajawali Emas atau lulusan SMAN 8 Jakarta  memilih PTN terbaik yang sesuai harapan yang diinginkan dengan mempertimbangkan kisi-kisi yang diberikan perwakilan dari UGM. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Banyak Pohon Tumbang Imbas Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Depok

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 27 November 2021, 22:06 WIB
Akibatnya, sebagian pengendara roda empat terpaksa memilih jalan...

Korban Mutilasi di Bekasi Pengemudi Ojol

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:51 WIB
Zarul Ulia, paman korban, mengatakan dua pekan lalu pria berusia 28 tahun itu sempat pamit untuk mencari kamar...

Potongan Tubuh Manusia Ditemukan di Jalan Pantura Karawang-Bekasi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 27 November 2021, 19:25 WIB
Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, polisi membawa potongan tubuh tersebut ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya