Rabu 16 Juni 2021, 16:18 WIB

Polisi Sebut Anji Konsumsi Ganja Agar Rileks

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Sebut Anji Konsumsi Ganja Agar Rileks

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji

 

KAPOLRES Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengungkap alasan Erdianto Aji Prihartanto mengonsumsi ganja. Ady menyebut eks vokalis Drive itu mengaku telah mengonsumsi ganja sejak sepuluh bulan terakhir untuk mencari ketenangan.

"Yang bersangkutan menggunakan narkotika jenis ganja biar bisa rileks dan bisa produktif, berangkat dari profesi yang bersangkutan sebagai seniman," kata Ady di Polres Jakarta Barat, Rabu (16/6).

Ady menjelaskan, sebelumnya polisi menciduk Anji di studionya di Cibubur, Jakarta Timur. Dari tes urine yang dilakukan, Anji dinyatakan positif mengonsumsi ganja.

Setelah diinterogasi, Anji menyebut ada barang haram lainnya yang disimpan di kediamannya di Bandung, Jawa Barat. Polisi kemudian melakukan penggeledahan dan mengamankan barang bukti ganja seberat 30 gram.

Anji menyembunyikan barang haram tersebut di dalam speaker dan kotak yang berisi biji ganja dan batang ganja yang siap diramu. Selain itu, polisi juga menyita buku Hikayat Pohon Ganja dari kediaman Anji.

Ady menyebut Anji membaca buku tersebut untuk mencari tahu lebih jauh soal legalitas ganja. Ady menyebut Anji mempertanyakan mengapa ganja masih menjadi ilegal di Indonesia.

"Jadi memang menurut AN ini adalah bagian edukasi untuk dirinya sendiri terkait ganja, karena kita tahu di 48 negara bagian di Amerika Serikat sudah dilegalkan, tapi di sini tidak. Akan tetapi, ini bukan ranah kita," kata Ady.

Baca juga: Polisi Selidiki Pemasok Ganja Musisi Anji

Atas perbuatannya, Anji dijerat Pasal 111 dan Pasal 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara empat hingga dua belas tahun penjara.

Sementara itu, Anji mengaku meminta maaf atas perbuatannya yang melanggar hukum. Eks vokalis band Drive itu mengaku akan menjadikan kasus ini sebagai pelajaran dan meminta semua pihak tidak mengikuti jejaknya.

"Saya Anji menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga, kerabarat, sahabat, saudara, pihak yang percaya pada saya, masyarakat yang kecewa atas kejadian ini. Saya harap kejadian ini menjadi pelajaran bagi siapapun untuk tidak melanggar aturan dengan alasan apapun," ungkapnya.

"Semoga saya bisa menjalani ini dengan baik dan bisa kembali berkarya sebagai musisi, pengusaha, dan pengembang pariwisata," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Susanto

Ada Pandemi, MRT Tetap Cuan Ratusan Miliar dari Pendapatan Nontiket

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:37 WIB
MRT Jakarta tetap mampu meraih pendapatan hingga Rp285 miliar tahun ini dari beberapa sektor yakni royalti penamaan stasiun, iklan,...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

STRP Efektif Turunkan Mobilitas Warga

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 Juli 2021, 12:30 WIB
Sebelum PPKM darurat, jumlah rata-rata penumpang harian MRT Jakarta 22.686 orang. Sementara setelah diberlakukan PPKM dan STRP jumlah...
ilustrasi

APBD DKI 2020 Defisit, DPRD Maklumi Karena Pandemi

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:46 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi mengatakan penurunan yang terjadi dalam postur APBD DKI tahun 2020 akibat refocusing untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya