Rabu 05 Mei 2021, 11:24 WIB

Wagub Minta Masyarakat Waspada Mutasi Covid-19 dari Afrika & India

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wagub Minta Masyarakat Waspada Mutasi Covid-19 dari Afrika & India

medcom.id
Ilustrasi terjangkit covid-19

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengimbau warga agar terus mendisiplinkan diri dalam menerapkan protokol kesehatan. Langkah 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ditambah menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas tidak boleh kendur.

Sebab, mutasi virus dari India serta Afrika terbukti telah masuk ke Indonesia di antaranya Jakarta. Mutasi virus dari Afrika dan India ini lebih berbahaya daripada yang sudah ada menyebar di Indonesia. Bahkan, para saintis menyebut mutasi virus korona dari Afrika adalah 'Mutasi Raja' karena kecepatannya dalam menularkan ke manusia.

"Kita ingin seiring dengan meningkatnya vaksinasi kita juga harus melakukan peningkatan pelaksanaan 3M, juga pola hidup sehat dan bersih sehingga kita dapat mengurangi penularan covid dan memutus mata rantai. Kita ketahui ada virus varian baru dari Inggris, Afrika Selatan, dan India yang cepat berkali-kali lipat sangat berbahaya," ujar Ariza di Jakarta, Rabu (5/5).

"Untuk itu kami minta masyarakat terlebih anak di bawah 9 tahun dan orang tua di atas 60 tahun kita minta tidak melakukan kegiatan di luar rumah dan sekali lagi tempat terbaik bagi kita semua warga Jakarta tetap di rumah," lanjutnya.

Baca juga: Menkes: Mutasi Covid-19 dari India dan Afrika Sudah Masuk ke RI

Ia juga meminta masyarakat mengurangi mobilitas selama libur lebaran. Saat lebaran tahun ini, masyarakat diminta untuk tidak melaksanakan mudik. Silaturahmi dengan kerabat di kampung halaman diimbau menggunakan teknologi yang sudah ada.

"Pelaksanaan hari raya dapat dilakukan secara online melalui video call, medsos dan segala macam. Terimakasih atas gelar pasukan ini. Mohon kerjasamanya masya Jakarta untuk memberikan dukungan penuh agar kita bisa terhindar dari penyebaran covid dan memutus mata rantai," tegasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Vicky Gustiawan

Esok Ragunan Dibuka dengan 30% Kuota Pengunjung

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 13 Mei 2021, 21:59 WIB
Wahyudi mengatakan pihanya juga mendirikan sebanyak 10 pos pengamanan yang tersebar di sejumlah titik di kawasan...
Antara

758 Orang di DKI Jakarta Hari Ini Positif Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 13 Mei 2021, 21:49 WIB
Sebanyak 8.229 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 785 positif dan 7.444...
MI/Andri Widiyanto

Hari Ini, Jakarta Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak

👤Yanti Nainggolan 🕔Kamis 13 Mei 2021, 18:18 WIB
Pada Kamis (13/5) ini, wilayah DKI Jakarta melaporkan 785 kasus covid-19 baru. Lalu, kontribusi kasus tinggi disusul wilayah Riau dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya