Senin 03 Mei 2021, 13:49 WIB

Menkes: Mutasi Covid-19 dari India dan Afrika Sudah Masuk ke RI

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Menkes: Mutasi Covid-19 dari India dan Afrika Sudah Masuk ke RI

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

 

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan saat ini sudah ada tiga jenis mutasi virus korona yang masuk ke Indonesia dan ditemukan kasusnya. Selain mutasi virus dari Inggris, varian baru dari India dan Afrika juga sudah terdeteksi kasusnya di Tanah Air.

"Ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu insiden dari Afrika Selatan yang masuk ada di Bali. Jadi selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," kata Budi seusai rapat terbatas kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/5).

Menkes menyatakan mutasi virus korona tersebut masuk sebagai kategori variants of concern atau mutasi yang sangat diperhatikan oleh WHO karena kemampuan penularannya relatif lebih tinggi.

Budi menyatakan penyebarannya mutasi baru itu terus diantisipasi selagi belum menyebar banyak.

"Tugas kita bersama untuk segera melakukan isolasi untuk yang terkena, disiplin melakukan testing, tracing untuk kontak erat dari daerah sekitarnya. Yang paling penting sekali lagi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," ujarnya.

Menkes pun mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin menaati protokol kesehatan. Protokol kesehatan harus terus dijalankan di mana pun berada untuk mencegah penularan.

"Apapun virusnya apapun mutasinya kalau kita disiplin protokol harusnya penularan tidak terjadi. Itu sebabnya kenapa saya akan terus-menerus mengingatkan bawa disiplin protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua di manapun kita berada," ucapnya. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

Antara

Hari Ini Sejumlah Daerah Berpotensi Hujan Lebat, Ini Sebaranya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 08:40 WIB
BMKG dalam laman web resminya mengeluarkan prediksi peringatan dini untuk sejumlah provinsi di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan...
ANTARA/Adeng Bustomi

Kunjungan Wisatawan Membludak, Sandiaga Janji Lakukan Evaluasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 17 Mei 2021, 08:29 WIB
Kemenparekraf juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah juga untuk memberikan sanksi kepada pihak pengelola destinasi wisata yang...
ANTARA/Fauzan

Sebanyak 42 Ribu Kendaraan Menuju Tempat Wisata Diputarbalikan

👤Hilda Julaika 🕔Senin 17 Mei 2021, 05:32 WIB
Mereka diputarbalikan demi mencegah kerumunan di tempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya