Jumat 09 April 2021, 14:45 WIB

Istiqlal Dibuka Selama Ramadan, Kapasitas Dibatasi 2000 Jemaah

Hilda Julaika | Megapolitan
Istiqlal Dibuka Selama Ramadan, Kapasitas Dibatasi 2000 Jemaah

MI/ANDRI WIDIYANTO
Suasana Sholat Jumat berjamaah perdana usai renovasi di Masjid Istiqlal, Jakarta, hari ini.

 

IMAM Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar mengatakan akan membuka Masjid Istiqlal untuk beribadah di bulan Ramadan. Adapun kapasitas yang dibuka mencapai 2.000 orang dari total kapasitas 250 ribu orang. Pembukaan ini dilakukan secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Nah kali ini Masjid Istiqlal dengan memfasilitasi hanya 2 ribu yang sesungguhnya untuk masjid ini ukuran yang kecil karena kapasitas istiqlal ini sampai 250 ribu," ujar Nasaruddin, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/4).

"Jadi kalau seluruhnya dipakai 250 ribu dan ini hanya digunakan 2 ribu, ini menandakan keseriusan untuk menjaga keselamatan," jelasnya.

Adapun untuk kegiatan di dalam masjid yang diperbolehkan adalah kegiatan khusus ibadah saja. Untuk aktivitas lainnya seperti sahur tidak dianjurkan dilakukan di masjid.

Baca juga: Cegah Pemudik Bandel, Pemprov DKI Awasi Jalan Tikus

Di dalam masjid pun dilakukan pengawasan yang ketat. Dengan disediakan sebanyak sekitar 140 CCTV atau kamera pengawas.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pembukaan masjid Istiqlal ini dengan tetap menjaga keselamatan. Sehingga tetap harus menjaga perlindungan sesama warga dari penularan sambil tetap bisa menjalankan ibadah yang suci di bulan Ramadan.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus Istiqlal, Pak Imam dan seluruh jajaran yang telah menjadikan ini sebagai contoh. Insya Allah nanti bisa jadi referensi bagi masjid-masjid lain di Jakarta dan Indonesia. Terima kasih," tutupnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Gelombang Air Laut Tinggi, Pesisir Utara Jakarta Terkepung Rob

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:34 WIB
Kepala Pusdatin dan Kebencanaan BPBD DKI, M. Insaf, mengatakan setidaknya ada 39 RT di dua wilayah tersebut yang terendam banjir...
Ilustrasi

Polres Jaksel Selidiki Pengeroyokan Anggota Polisi di Pondok Indah 

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:44 WIB
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah mengatakan pihaknya masih mendalami dan mengejar para pelaku pengeroyokan terhadap...
Medcom

Bike To Work Indonesia Siap Advokasi Pesepeda Korban Tabrak Lari di Bundaran HI

👤Widhoroso 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:33 WIB
BIKE To Work (B2W) Indonesia menyatakan siap memberikan advokasi kepada Ivan Kristofer, pesepeda yang menjadi korban tabrak lari di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya