Senin 05 April 2021, 11:17 WIB

BPTJ Catat Kenaikan Jumlah Penumpang Bus AKAP Saat Libur Paskah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
BPTJ Catat Kenaikan Jumlah Penumpang Bus AKAP Saat Libur Paskah

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah penumpang melintasi area parkir bus di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat.

 

BERTEPATAN dengan libur panjang dalam rangka memperingati wafat Isa Almasih (Paskah), Terminal Tipe A yang berada di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) cenderung mengalami peningkatan penumpang bus Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP).

Terminal Tipe A yang berada di bawah pengelolaan BPTJ meliputi Terminal Tipe A Jatijajar Kota Depok, Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Terminal Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan, dan, Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Kepala BPTJ Polana B Pramesti menyampaikan jumlah penumpang rata-rata per hari pada libur panjang, yang bersamaan dengan akhir pekan pertama di April 2021 ini, mengalami kenaikan antara 26% hingga 96% apabila dibandingkan dengan jumlah penumpang rata-rata per hari yang terdapat sepanjang Maret 2021, khususnya pada setiap akhir pekan.

Baca juga: KAI Commuter Catat Pergeseran Jam Padat Pengguna KRL

Kenaikan juga terjadi pada jumlah armada bus yang beroperasi. Untuk unit bus yang beroperasi rata-rata per hari, pada akhir pekan di awal April ini, menurut Polana, mengalami peningkatan antara 15% sampai dengan 58% apabila dibandingkan dengan bus yang beroperasi rata-rata per hari pada setiap akhir pekan di bulan sebelumnya.

“Untuk Terminal Poris Plawad, sepanjang Maret lalu, setiap akhir pekan, rata-rata melayani penumpang sebanyak 491 orang per hari,” jelas Polana dalam keterangan resmi, Minggu (4/4).

Untuk akhir pekan ini, Polana menyampaikan terdapat penumpang sebanyak 782 penumpang setiap hari.

“Terdapat kenaikan sekitar 59%,” ungkap Polana.

Untuk kenaikan armada bus yang beroperasi, Polana menjelaskan terdapat kenaikan sebesar sekitar 15%.

“Rata-rata, setiap hari untuk akhir pekan, sepanjang Maret terdapat 138 bus yang beroperasi, sedangkan untuk akhir pekan di April ini sebanyak 159 unit yang melayani penumpang,” tambah Polana.

Wonogiri dan Yogyakarta, menurut Polana, merupakan tujuan penumpang yang memanfaatkan layanan bus AKAP dari Terminal Poris Plawad Tangerang.

Sebagai informasi, Polana menambahkan, jumlah operator bus AKAP yang terdapat di Poris Plawad sebanyak 78 PO. Sementara, kenaikan jumlah penumpang layanan bus AKAP di Terminal Jatijajar Depok, menurut Polana, tercatat sebanyak 96%.

“Rata-rata setiap akhir pekan sepanjang Maret, Terminal Jatijajar Depok melayani penumpang sebanyak 371 orang, sementara pada akhir pekan ini, rata-rata perhari terdapat penumpang sebanyak 729 orang atau tercatat kenaikan sekitar 96%,” kata Polana.

Sementara untuk bus yang beroperasi, Polana menjelaskan terdapat kenaikan sekitar 21%. Ada 48 PO bus yang beroperasi di Terminal Jatijajar Depok.

“Sepanjang akhir pekan di Maret, rata-rata sebanyak 86 armada bus beroperasi setiap hari di Terminal Jatijajar. Sementara di akhir pekan bulan April ini rata-rata terdapat 104 bus yang beroperasi setiap hari,” jelas Polana.

Yogyakarta dan Pekalongan, menurut Polana, menjadi destinasi yang paling banyak dituju oleh penumpang bus AKAP melalui Terminal Jatijajar.

Adapun di Terminal Baranangsiang, Polana menjelaskan bahwa setiap akhir pekan sepanjang Maret rata-rata setiap hari melayani penumpang sebanyak 230 orang. Sementara untuk akhir pekan pada April, menurut Polana terdapat penumpang sebanyak 291 penumpang setiap hari.

“Terdapat kenaikan penumpang sekitar 26%,” ujar Polana.

Sementara untuk armada bus yang beroperasi, Polana menyampaikan terdapat kenaikan sebesar 58%. Armada yang beroperasi rata-rata per hari sebanyak 29 unit bus setiap akhir pekan pada Maret. Sementara pada April ini terdapat sebanyak 46 unit yang beroperasi setiap hari. Wonosobo, Pekalongan, dan Merak menurut Polana menjadi tujuan terbanyak penumpang bus AKAP dari Terminal Baranangsiang Kota Bogor. Untuk jumlah operator bus, terdapat 26 PO yang terdapat di Terminal Baranangsiang.

Untuk Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Polana menyampaikan kenaikan rata-rata per hari jumlah penumpang untuk penumpang bus AKAP pada akhir pekan bulan ini dibandingkan dengan akhir pekan sepanjang bulan Maret yaitu sebesar 77%.

Rata-rata setiap hari pada akhir pekan sepanjang bulan Maret Terminal Pondok Cabe melayani penumpang sebanyak 43 orang. Sementara pada April pada akhir pekan Polana mengatakan rata-rata perhari terdapat penumpang sebanyak 77 orang.

“Untuk bus yang AKAP yang beroperasi tidak mengalami kenaikan,” ungkap Polana.

Setiap akhir pekan baik bulan Maret maupun April menurut Polana setiap hari rata rata per hari terdapat 37 unit bus yang beroperasi. Untuk operator bus AKAP yang terdapat di Pondok Cabe sebanyak 29 PO dan selama ini penumpang terbanyak yang memanfaatkan layanan terminal Pondok Cabe yaitu Sumenep. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

Skema Pembiayaan Pembangunan MRT Fase 3 dan 4 Libatkan Swasta

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 01 Juli 2022, 12:03 WIB
Dari nilai keseluruhan, ditargetkan sektor swasta bisa mengambil peran hingga 40 persen dari total...
Dok. Instagram @Holywings

DKI Harus Jeli Potensi Holywings Ajukan Perubahan Izin Usaha

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 01 Juli 2022, 10:02 WIB
Dinas PM-PTSP diminta agar lebih jeli lagi jika manajemen Holywings berniat mengajukan perubahan...
dok.pn-tangerang.go.id

Hakim Tolak Praperadilan Jimmy Lie, Warga Pantura Tangerang Senang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 08:50 WIB
SIDANG Praperadilan tersangka Jimmy Lie kasus penggunaan NIK orang lain ditolak oleh Majelis Hakim PN Tangerang, Kamis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya