Minggu 14 Maret 2021, 12:18 WIB

Hari Pertama Dibuka, 1.331 Orang Kunjungi Ragunan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hari Pertama Dibuka, 1.331 Orang Kunjungi Ragunan

MI/Andri Widiyanto
Sejumlah pengunjung mendokumentasikan aktivitas satwa di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2021).

 

TAMAN Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum, Sabtu (13/2) setelah setelah tutup sejak September 2020 karena pandemi covid-19. Pada hari pertama dibuka, Taman Margasatwa Ragunan dikunjungi banyak wisatawan. Pada hari pertama buka, Ragunan dikunjungi sebanyak 1.331 orang. Pengunjungnya bukan hanya dari Jakarta melainkan juga dari luar Jakarta. Sebab, Ragunan kini sudah boleh dikunjungi oleh warga non KTP DKI.

"Data terakhir sebanyak 1.331 orang," ujar Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana saat dihubungi, Minggu (14/3).

Ia menambahkan, wisatawan yang datang cukup beragam. Ada yang menggunakan motor, mobil, sepeda, dan transportasi umum. Ketut menegaskan para pengunjung tertib melakukan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Mereka tertib, patuh aturan semua terkait protokol kesehatan, semua mematuhi. Tidak ada masalah, semua berjalan lancar," terang Ketut.

Di hari pertama pembukaan Taman Margasatwa Ragunan, pengelola menugaskan sebanyak 30 petugas untuk melayani dan mengawasi wisatawan. Petugas tersebut tak segan memberi tahu atau menegur wisatawan bila berkerumun.

"Berkerumun lebih dari lima orang tidak boleh, kita cegah. Duduk di kursi boleh, tetapi tetap jaga jarak, kita sudah atur, pasang tanda pembatasnya, tanda silang di kursi supaya jaga jarak," ujarnya.

Meski sudah dibuka, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan masih di batasi 50% dari total kapasitas maksimal setiap harinya atau hanya terbuka bagi 5 ribu orang pengunjung per harinya.

baca juga: Pelonggaran Dilakukan Bertahap Karena Kasus Terus Menurun

Taman Margasatwa Ragunan dibuka mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Untuk dapat mengunjungi Ragunan, warga harus mendaftarkan diri secara daring melalui tautan yang terdapat di akun Instagram Ragunan. Larangan kunjungan Ragunan bagi anak berusia 0-9 tahun, ibu hamil, dan lansia masih diterapkan. Pembukaan Taman Margasatwa Ragunan dilakukan sesuai Keputusan Gubernur Nomor 213 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM. (OL-3)


 

Baca Juga

DOK Pemkot Tangsel

Saka Antinarkoba Tangsel Diminta Sinergi Dengan Berbagai Pihak

👤 Syarief Oebaidillah 🕔Senin 29 November 2021, 19:25 WIB
KEBERADAAN Saka Antinarkoba diharapkan mampu menekan merajalelanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di wilayah Pemerintah Kota...
Dok.MI

Dilarang Digelar di Monas, Reuni 212 Melipir ke Bogor

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 29 November 2021, 18:10 WIB
Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya menjelaskan, keputusan tersebut diambil karena Satgas Covid-19 tidak mengeluarkan surat rekomendasi untuk...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Anies Ungkap Alasan Tunjuk Sahroni Ketua OC Formula E

👤Selamat Saragih 🕔Senin 29 November 2021, 17:30 WIB
Panitia, menurut Anies, diumumkan secara resmi setelah 16 Oktober 2021, FIA menetapkan Jakarta sebagai tempat pelaksanaan Formula E pada 4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya