Kamis 04 Maret 2021, 21:31 WIB

Diserobot Kendaraan Bermotor, Jalur Sepeda Akan Diawasi Petugas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Diserobot Kendaraan Bermotor, Jalur Sepeda Akan Diawasi Petugas

MI/Andri Widiyanto
Jalur sepeda terproteksi di Jakarta

 

JALUR sepeda permanen yang sedang diuji coba oleh Pemprov DKI Jakarta kerap diserobot oleh pengguna kendaraan bermotor. Hal ini terjadi saat lalu lintas sedang padat.

Mengetahui hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan menempatkan petugas untuk mengawasi penggunaan jalur tersebut.

"Untuk itu, jalan itu nanti kita akan tertibkan dan atur ke depan. Kalau masih ada yang nyerobot tentu perlu ada peningkatan pengawasan, ketentuan, aturan, dan sanksi mungkin bisa kita berlakukan ke depan. Nanti kita akan lihat yang penting sekarang kita dukung peningkatan," kata Riza.

Ia pun mengimbau agar masyarakat taat berlalu lintas termasuk tidak menyerobot jalur sepeda.

Jalur sepeda yang dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta dimaksudkan agar membuat nyaman para sepeda serta meningkatkan jumlah warga yang bertransportasi menggunakan sepeda.

Baca juga : Selamat, Jakarta Urutan 17 Kota Tersehat di Dunia Versi YouGov

Sebab, di masa pandemi cukup banyak warga yang berekreasi maupun berolahraga menggunakan sepeda. Harapannya bersepeda tidak lagi hanya menjadi rekreasi maupun olahraga saja tetapi juga menjadi salah satu sarana transportasi.

"Kita dukung, kita dorong agar masyarakat sekarang menggunakan sepeda. Sepeda tidak hanya digunakan untuk kepentingan berolahraga, rekreasi tapi juga menjadi alat transportasi yang baik yang sehat dan murah," jelasnya.

Jalur untuk kendaraan bermotor pun sudah disediakan lebih luas dari jalur sepeda sehingga Ariza meminta agar para pengendara bermotor lebih disiplin dan tidak menyerobot jalur sepeda.

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya diketahui tengah membangun jalur sepeda permanen di Jl. Jenderal Sudirman hingga Jl. MH Thamrin sepanjang 11,3 km. Jalur sepeda itu selebar 2 meter dan dibatasi oleh separator beton yang juga dapat difungsikan menjadi wadah tanaman. Ditargetkan, jalur sepeda permanen ini selesai bulan ini. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/HO

Kali Sunter Meluap, Cipinang Melayu Banjir

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:25 WIB
Menurut salah warga terdampak banjir, Yati, air luapan Kali Sunter mulai menggenangi permukimannya pada Rabu (14/4) sekitar pukul 18.30...
ANTARA/Puspa Perwitasari/

Hujan Diprediksi Guyur Jakarta Siang dan Malam Ini

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 08:05 WIB
Warga diminta waspada dengan perubahan cuaca yang...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jadi Akses Tawuran, Warga Minta JPO Kali Sentiong Dibongkar

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 07:43 WIB
"Aspirasi warga sudah kami tindak lanjuti ke Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Namun, pembongkaran jembatan itu harus dilakukan dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya