Jumat 26 Februari 2021, 00:05 WIB

Kepulauan Seribu Sediakan 9 Penginapan untuk Isolasi Pasien Korona

Putri Yuliani Anisa | Megapolitan
Kepulauan Seribu Sediakan 9 Penginapan untuk Isolasi Pasien Korona

Antara
Pasien isolasi di Kepulauan Seribu

 

PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Seribu menjadikan 'homestay' atau penginapan yang dikelola warga sebagai lokasi isolasi bagi pasien covid-19.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Puji Astuti mengatakan, terdapat sembilan homestay di Kepulauan Seribu yang akan dijadikan tempat isolasi terkendali bagi pasien covid-19. 

Pasien yang boleh menjalani isolasi di homestay adalah mereka yang terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala.

“Kami sudah mendata 'homestay' yang dijadikan isolasi terkendali berdasarkan persetujuan pengelola," kata Puji dalam keterangan resminya, Kamis (25/2).

Para 'homestay' yang ditunjuk tersebut sudah diverifikasi kelayakannya untuk menjadi tempat isolasi bagi pasien covid-19 oleh Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu.

Sembilan 'homestay' tersebut terdiri dari dua unit di Kelurahan Pulau Tidung, dua unit di Kelurahan Pulau Kelapa, empat unit di Kelurahan Pulau Harapan, dan satu unit di Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Puji menyebutkan, sudah ada 34 pasien yang menjalani isolasi di 'homestay' tersebut.

“Untuk pasien yang diisolasi di 'homestay' harus dengan rekomendasi Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu atau tim Puskesmas setempat. Sejauh ini sudah ada total 34 pasien yang menempati 'homestay' isolasi terkendali," ujarnya.

Puji menambahkan, penyediaan biaya sewa dan makan pasien selama isolasi terkendali di 'homestay' dibiayai BNPB melalui Dinas Parekraf DKI Jakarta.

Untuk pengawasan, Sudin Parekraf Kepulauan Seribu bekerjasama dengan Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu atau Puskesmas, Kelurahan setempat, Satpol PP dibantu oleh TNI/Polri.

"Ini dilakukan agar memastikan pasien tidak keluar dari area homestay," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Susanto

Siklon Tropis Surigae Tidak Berdampak Pada Cuaca di Jabodetabek

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 20:00 WIB
"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun, cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di...
dok.Pemprov DKI Jakarta

Temui Bupati Kuningan, Anies Buka Kerjasama Antardaerah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:35 WIB
Kunjungan silaturahmi ini bertujuan membuka komunikasi awal terkait potensi kerja sama antardaerah yang nantinya akan dibangun antara...
Dok.Korlantas Polri

Penegasan Kakorlantas Larang Mudik Lebaran Diapresiasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 14:15 WIB
Dia menilai mudik tahun ini tidak jauh beda kondisinya dengan mudik tahun lalu situasi dan kondisinya. Meski proses vaksinasi terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya