Minggu 21 Februari 2021, 08:40 WIB

Bukit Longsor di Depok Timbun Tiga Rumah

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Bukit Longsor di Depok Timbun Tiga Rumah

MI/ Fahrullah
Tumpukan sampah yang memenuhi aliran air Kali Baru menjadi salah satu penyebab banjir saat hujan turun di Kota Depok.

 

TIGA rumah dan empat sepeda motor tertimbun material bukit yang longsor, di Jalan Ngarai RT 004 RW 07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Longsor terjadi setelah hujan mengguyur semalaman kawasan di sana.

Kepala bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Romulo Hutauruk mengatakan, longsor terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah itu. Mengakibatkan bukit setinggi tujuh meter longsor dan menimbun ketiga rumah yang ada di bawahnya.

"Saat hujan deras, bukit yang di atas longsor, karena airnya deras sekali. Di bawah tebing ada tiga rumah yang dihuni 13 orang tertimbun," kata Romulo, Minggu (21/2).

Ketika hujan deras mengguyur, terang dia seluruh penghuni rumah langsung berhaburan menyelamatkan diri."Pemilik rumah keluar ke lokasi yang dianggap aman," ucap Romulo.

Romulo mengatakan, ada empat sepeda motor milik tiga pemilik rumah tertelan material longsoran bukit. Beruntung tidak ada korban jiwa karena semua penghuni sudah mengunngsi. "Total kerugian masih dihitung," kata dia.

Pihaknya, jelas dia, sudah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. "Karena mereka yang lebih memahami teknis dan analisis penanganan, " ucapnya.

Selain longsor, Romulo menjelaskan, ada tiga perumahan di Kota Depok mengalami kebanjiran. Yakni, Taman Duta, Bukit Cengkeh 2 dan Kenari Residence. Ketinggian air berkisar 70-100 sentimeter.

Banjir di Kenari Residence, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok disebabkan tanggul jebol, sehingga air meluap dan masuk ke rumah-rumah warga. "Ada 41 kepala keluarga (KK) kami ungsikan dengan perahu karet," ucap Romulo.

Sedangkan banjir di Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh 2 karena meluapnya Situ Pengarengan Kelurahan Bhakti Jaya, Kecamatan Sukma Jaya, Kota Depok. (OL-13)

Baca Juga: Legislator Bantu Rehab Rumah Korban Banjir Brebes

Baca Juga

Antara/

Ketua DPRD DKI Ungkap Potensi Sabotase di Proyek MRT

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 25 Februari 2021, 00:20 WIB
Pras melanjutkan, pernah terjadi kehilangan laptop milik kontraktor Jepang pada 2018. Laptop itu berisi data-data pembangunan sebelum moda...
Antara

Pempov DKI Pastikan Normalisasi Sungai Berjalan Tahun Ini

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 24 Februari 2021, 23:15 WIB
Pihaknya mengatakan telah mengalokasikan dana untuk normalisasi sungai di Jakarta mencapai Rp851...
Antara

Ariza: 13 Pejabat Dirotasi Demi Prioritas Pembangunan DKI

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 24 Februari 2021, 23:07 WIB
Dia juga menjelaskan, rotasi yang dilakukan di Pemprov DKI Jakarta bukan karena masalah personal orang per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya