Rabu 10 Februari 2021, 15:46 WIB

Anies Diminta Kebut Normalisasi Ciliwung di 2021

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Diminta Kebut Normalisasi Ciliwung di 2021

MI/Andry Widyanto
Kondisi Sungai Ciliwung yang diapti perumahan kumuh

 

KETUA Komisi D DPRD DKI, Ida Mahmudah, meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera melakukan normalisasi sungai Ciliwung di tahun ini. Sebagai bagian penting dari penanggulangan banjir jangka panjang.

Ida mendorong Pemprov DKI untuk melaksanakan pembebasan lahan di beberapa titik terkait normalisasi tersebut. Salah satunya di lahan di sekitar sungai Ciliwung.

Baca juga: Polisi Tangkap Mafia Sertifikat Tanah Milik Ibu Dino Patti Djalal

Adapun anggaran untuk program normalisasi sungai ini diperoleh dari pinjaman melalui pemerintah pusat. Tepatnya dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk 2021. Namun, untuk pencairan anggaran ini masih menunggu dari pemerintah pusat.

"Tahun ini lewat pinjaman PEN kembali akan ada pembebasan atau pembayaran lahan di beberapa titik terkait normalisasi," kata Ida saat dihubungi, Rabu (10/2).

"Mudah-mudahan bisa keserap dan mudah-mudahan anggaran PEN dari pemerintah pusat semester pertama segera dicairkan. Agar Pemprov DKI sesegera mungkin bisa melakukan normalisasi sungai yang ada di DKI Jakarta," harapnya.

Sementara itu, secara keseluruhan untuk penanggulangan banjir, DKI memperoleh pinjaman dana PEN mencapai Rp3 triliun. Penggunaannya, menurut Ida, diperuntukkan penanggulangan banjir seperti, normalisasi sungai, pembebasan lahan, membuat waduk, membuat polder, dan lain sebagainya.

"Terkait dengan peanggulangan banjir untuk bikin waduk, pembebasan lahan, bikin embung, polder, normalisasi ada Rp3 triliun sekian ada pinjaman PEN untuk 2021," pungkasnya.

Sebelumnya, pada tahun 2020, Pemprov DKI disebut Ida tak 100% merealisasikan anggaran PEN untuk banjir. Pasalnya anggaran ini tak terserap sekitar Rp400 miliar. Pemprov DKI mengklaim ada ketidaksinkronan di lapangan yang menyebabkan realisasi anggaran penanganan banjir tak tuntas. (OL-6)
 

Baca Juga

Ist/ilustrasi

Sadis, Suami Bekap Istri Hingga Tewas di Duren Sawit, Jakarta Timur

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:48 WIB
Pria paruh baya berinisial W membunuh istrinya itu di rumah kontrakan yang berada di Jalan Pondok Kelapa Selatan, Duren Sawit, Jakarta...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Wagub DKI Jakarta: Ada 7.890 Lowongan Kerja di Jaknaker

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 10:36 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada 7.890 lowongan pekerjaan yang dapat diakses melalui fitur...
Ant/Fauzan

Hujan Deras Landa Tangerang Sedikitnya 500 Rumah Kebanjiran

👤Sumantri Handoyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:46 WIB
HUJAN deras yang melanda kabupaten dan Kota Tangerang Rabu malam hingga Kamis dini hari (19-20/1), mengakibatkan ratusan rumah tergenang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya