Senin 25 Januari 2021, 10:48 WIB

DPRD DKI Minta Sekolah Buat Kurikulum yang Dukung Skill Pelajar

Hilda Julaika | Megapolitan
DPRD DKI Minta Sekolah Buat Kurikulum yang Dukung Skill Pelajar

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Sejumlah siswa SD belajar menggunakan wifi gratis yang disediakan di Balai Warga Kelurahan galur, Johar Baru, Jakarta Pusat.

 

ANGGOTA Komisi E DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani meminta pendidikan di Jakarta fokus pada kurikulum yang mendukung keahlian (skill) siswa. Dengan nilai-nilai yang bisa membangun sikap dan karakter siswa. Terlebih, saat ini, sedang pandemi covid-19, guru perlu memastikan siswa memiliki keahlian tertentu usai lulus sekolah.

“Saat ini, harusnya fokus pada kurikulum belajar yang jelas, terus di samping itu banyak hal-hal yang perlu diajarkan lebih kepada membangun sikap siswa agar bisa lebih saling menghargai, menghormati, dan membantu satu sama lain,” kata Rani saat dihubungi, Senin (25/1).

Adapun beberapa contoh pengembangan skill bisa dilakukan di kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Misalnya dengan menguatkan kegiatan berupa pidato, mengasah kemampuan public speaking, korespondensi, hingga melukis.

Baca juga: Soal Ekstrakurikuler Sepeda, DPRD: Membebani & Rawan Perundungan

“Misalnya pidato, korespondensi, mengasah kemampuan berbicara siswa di hadapan publik, hingga melukis,” ujarnya.

Selain itu, sekolah bisa melakukan kegiatan tambahan yang sifatnya menyenangkan untuk siswa. Tentunya yang bisa dilakukan secara daring. Misalnya kegiatan berupa bernyanyi bersama sembari memperkenalkan lagu-lagu daerah.

“Kegiatan tambahan dari sekolah sistem daring boleh juga diadakan misalnya kegiatan-kegiatan yang membangkitkan semangat dan rasa senang. Seperti ada satu kegiatan bernyanyi bersama walau via daring kan bisa dilakukan, anak-anak sekarang kan banyak yang tidak tahu lagu nasional dan daerah. Kenapa itu tidak dibuat jadi kegiatan yang menyenangkan?” tutupnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Tiga Anggota Polda Metro Terlapor Unlawful Killing 4 Laskar FPI

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:00 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Brigjen Andi Rian Djajadi menyebut laporan polisi (LP) sudah dibuat penyidik sejak minggu...
MI/M.irfan

Ada Kasus Mutasi Covid-19, Wagub DKI Imbau Warga Tetap Tenang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:32 WIB
Pria yang akrab disapa Ariza itu juga meminta agar masyarakat terus waspada serta disiplin dalam menerapkan protokol...
Antara

Angka Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.437

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:03 WIB
"Total 5.613 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6%. Untuk 'positivity rate' atau persentase kasus positif sepekan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya