Minggu 24 Januari 2021, 19:56 WIB

Anies Kembalikan Kawasan Pasar Senen jadi Pusat Bisnis dan Belanja

Selamat Saragih | Megapolitan
Anies Kembalikan Kawasan Pasar Senen jadi Pusat Bisnis dan Belanja

Twitter @aniesbaswedan
Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, memamerkan wajah baru kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, melalui akun instagramnya @aniesbaswedan. 


Melalui foto-foto yang diunggahnya, Anies mengungkapkan, penataan kawasan Pasar Senen dilakukan secara integratif, menata mobilitas semua orang dan kegiatan dalam satu kawasan utuh. Anies ingin mengembalikan kejayaan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja.

“Kawasan Pasar Senen merupakan salah satu hub potensial untuk dikembangkan sebagai transit oriented development (TOD). Karena itu, tidak hanya membangun ekstensi lintas bawah untuk kendaraan, kita membangun fasilitas untuk perpindahan manusianya,” kata Anies dalam akun instagramnya yang dikutip Minggu (24/1).

Anies menambahkan, pihaknya akan melakukan penataan itu terus berlanjut. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sedang melakukan pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan Blok II.

“Saat ini sedang berlangsung pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II yang akan terhubung langsung dengan Halte Transjakarta. Ketika tuntas akan makin memperindah wajah baru Senen dan mengembalikan kejayaan kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja,” ungkap Anies.

Halte Senen, ujar Anies, direvitalisasi menjadi lebih lebar sehingga mobilitas orang lebih leluasa. Selain itu, dua jembatan penyebarangan orang (JPO) baru dilengkapi dengan lift dan pihaknya telah memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda, dan transportasi publik.

“Melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Kramat Raya dilengkapi bus stop dan signage baru. Penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen. Jalur hijau dan taman-taman dipercantik, penerangan jalan ditambah,” jelasnya.

Kawasan Simpang Senen memang telah dipercantik Pemprov DKI menjadi modern pascadirevilitalisasi. Dulu, kawasan Simpang Senen ini tidak tertata rapi dan menjadi salah satu pusat kemacetan di Ibu Kota. Namun, sekarang sudah berubah total.

Salah satu yang membuat wajah kawasan Simpang Senen menarik adalah underpass Senen extension (ekstensi lintas bawah Senen) yang berada di Simpang Senen menuju ke Jalan Senen Raya. Dengan adanya underpass ini, pengendara dari Jl Suprapto (arah Galur, Cempaka Putih) bisa langsung menuju jalan Senen Raya, tanpa harus melalui lampu lalu lintas lagi di persimpangan Senen.

Dinding underpass yang baru maupun yang lama sekarang juga kelihatan indah karena dihiasi dengan motif sopi-sopi dan gigi balang. Dinding underpass sebelumnya hanya tembok beton, dan sekarang dindingnya kelihatan hidup dengan hiasan-hiasan dan tata cahaya yang menarik.

Underpass ini dilengkapi dengan dua JPO yakni JPO Pasar Senen dan JPO Atrium Senen.

Kedua JPO itu memudahkan para pengguna bus Transjakarta berpindah-pindah antarkoridor. Kedua JPO ini kelihatan indah karena dihiasi juga dengan ornamen-ornamen bahkan didesain dengan mengakomodasi kearifan lokal etnik Betawi yakni gigi balang yang menghiasi JPO Atrium Senen. Sementara JPO Pasar Senen bercorak tuts piono dengan atap yang bergelombang.

Selain itu, JPO juga sudah dilengkapi dengan lift di kanan dan kiri JPO untuk memasilitasi kaum difabel, orang tua, dan ibu hamil.

Penataan kawasan Simpang Senen ini juga diikuti dengan penataan halte bus Transjakarta dan pedestrian atau jalur pejalan kaki sehingga tampak terintegrasi satu sama lain mulai dari underpass, JPO, halte Transjakarta, dan pedestrian.

Sebelumnya, halte Transjakarta di kawasan Simpang Senen hanya memiliki enam dermaga dan sekarang sudah memiliki 12 dermaga sehingga memudahkan dan mempercepat penumpang naik turun bus Transjakarta.

Selain itu, luas halte juga sudah tiga kali lipat dari luas sebelum direnovasi. Halte baru itu juga dibuat nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti musala, toilet ramah disabilitas, lift khusus penumpang Transjakarta, ruang ramah perempuan dan anak atau ruang serbaguna. Jika kita berjalan dari JPO Pasar Senen, kita bisa transit ke halte Senen atau ke halte Senen Sentral. Hal yang baru juga sudah dilengkapi dengan metode pembayaran elektronik dan fitur QR code dengan menggunakan ponsel pelanggan.

Keindahan kawasan Simpang Senen makin bertambah dengan adanya pelebaran pedestrian atau jalur pejalan kaki. Hal itu tampak dari perbaikan dan pelebaran jalur pejalan kaki di koridor Kramat Raya-Senen Raya sepanjang 2.640 meter.

Selain itu, terdapat juga jalur sepeda bagi para pecinta gowes. Terdapat juga fasilitas pembantu bagi kaum difabel seperti ubin pemandu tuna netra, signage, bollard dan spot untuk duduk. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Lewat Tempe Orek, Sabu Diselundupkan ke Tahanan

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Maret 2021, 02:00 WIB
Dua pelaku datang ke Polres Jakarta Selatan dengan membawa makanan untuk tahanan dengan menyebutkan nama samaran. Mereka juga tidak...
MI/ Insi Nantika Jelita

Ketua DPRD Puji Penanganan Covid-19 di DKI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Maret 2021, 23:35 WIB
Ia pun berharap Dinas Kesehatan DKI Jakarta dapat menggencarkan vaksinasi...
Antara

Jajaran Polda Metro Jaya Butuh Siraman Rohani

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Maret 2021, 22:20 WIB
KAPOLDA Metro Jaya Irjen M Fadil Imran meminta jajarannya untuk diberikan pemahaman keagamaan atau siraman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya