Rabu 20 Januari 2021, 08:53 WIB

Cegah Banjir, DKI Masih Fokus Lakukan Pengerukan Sungai

Hilda Julaika | Megapolitan
Cegah Banjir, DKI Masih Fokus Lakukan Pengerukan Sungai

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Petugas Dinas Sumber Daya Air menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah bercampur lumpur di aliran Banjir Kanal Barat, Jakarta

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan intensitas hujan di Jakarta semakin tinggi. Hal ini pun berpotensi menyebabkan terjadinya banjir di ibu kota. Untuk itu, pihaknya masih akan mengupayakan perbaikan pekerjaan rutin untuk mencegah banjir ini.

Beberapa program yang akan diteruskan yakni pengerukan sungai/waduk/situ/embung, membuat drainase vertikal, sumur resapan, pompa ar, hingga membuat folder.

“Ya persiapan banjir di DKI seperti kita tahu di hari-hari ke depan semakin meningkat intensitasnya maka potensi banjir juga semakin meningkat. Program-program terus kita lanjutkan seperti pengerukan sungai/waduk/situ/embung, kemudian kita juga membuat drainase vertikal, sumur resapan, pompa air kita perbaiki kita buat folder dan lain sebagainya,” kata Ariza, sapaan karib Wagub DKI.

Baca juga: Banjir Bandang di Cisarua, Bendung Katulampa Terpantau Aman

Pihaknya juga meminta seluruh Jakarta untuk ikut berkontribusi dalam mencegah banjir di Jakarta. Seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga warga harus memastikan selokan di sekitar rumah harus bersih.

“Jadi sekali lagi intensitas hujan semakin tinggi tahun demi tahun. Berapa pun besarnya program yang kami anggarkan tidak kurang dari Rp5 triliun, 2021-2022 terkait penanganan banjir tapi semuanya berpulang pada kita semua warga Jakarta,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Diduga Investasi Bodong, Korban Laporkan CEO EDDCash ke Bareskrim

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 14 April 2021, 23:39 WIB
Seluruh korban investasi bodong ini mengaku tidak bisa mencairkan uang kripto dari EDDCash sejak enam bulan lalu yang menyebabkan rugi...
MI/ Ramdani

PDIP: Anggaran APBD tak Cerminkan Anies Pro Warga Miskin

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 14 April 2021, 21:59 WIB
“Ketidakberpihakan kepada warga miskin juga terlihat dari APBD yang sangat minim untuk UMKM, malah dana UMKM datangnya dari...
Dok. Polri

Kakorlantas Jamin Pos Penyekatan Siap Halau Pemudik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 14 April 2021, 20:35 WIB
Titik penyekatan awal jalur yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Barat yaitu di KM 31 tol Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya