Kamis 14 Januari 2021, 15:10 WIB

Hari Ini Imunisasi Covid di DKI Jakarta Dimulai dari Nakes

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hari Ini Imunisasi Covid di DKI Jakarta Dimulai dari Nakes

Antara
Ilustrasi vaksin covid-19

 

PEMPROV DKI Jakarta mulai melakukan vaksinasi covid-19 hari ini. Vaksinasi covid-19 di tahap pertama ini dilakukan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang sudah mendapat SMS pemberitahuan dari pemerintah pusat dan telah melakukan registrasi ulang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti pada media briefing yang digelar secara virtual, Kamis siang (14/1).

"Pada tahap I termin I sesuai alokasi dari pusat sasaran SDM Kesehatan untuk vaksinasi covid-19 Tahap 1 adalah berjumlah 131.000 orang di seluruh fasyankes di DKI Jakarta berdasarkan data di website SI-SDMK per tanggal 11 Januari 2021. Namun data tersebut bersifat dinamis. Kita harus pastikan logistik yang ada bisa mengamankan 2 dosis untuk 1 orang dulu. Karena vaksin diberikan 2 dosis (2 kali) selang 14 hari," terang Widyastuti.

Vaksin covid-19 ini didistribusikan oleh puskesmas di tiap kecamatan dan juga kelurahan dan kemudian didistribusikan kepada fasilitas kesehatan yang ada di wilayah tersebut.

Widyastuti mencontohkan di Kecamatan Senen ada RSCM. Maka, untuk vaksin nakes di RSCM didistribusikan oleh Puskesmas Kecamatan Senen dan begitu juga di wilayah lainnya.

"Kenapa kami simpannya di puskesmas? Karena tenaga di puskesmas sudah berpengalaman dalam menjaga vaksin-vaksin. Tenaga kami sudah terakreditasi dan berpengalaman. Sebelumnya kami pernah melakukab vaksinasi massal tiga tahun lalu saat wabah difteri," jelas Widyastuti.

Pengiriman vaksin Sinovac untuk wilayah DKI Jakarta di tahap pertama ini ada tiga kali yakni pada 4 Januari dan 7 Januari dikirimkan sebanyak 39.200 dosis vaksin. Kemudian pada 11 Januari dikirimkan kembali 41.640 dosis vaksin.

"Semuanya disimpan terlebih dulu di 'cooler room' yang ada di kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta baru kemudian dikirim ke puskesmas sesuai dengan data penerima," imbuh Widyasuti. (OL-13)
Baca  Juga: Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerumunan Waterboom

Baca Juga

MI/Ramdani

Soal Reboisasi Bogor, DKI Sebut Semua Daerah Sudah Berkomitmen

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 22 Januari 2021, 12:16 WIB
Masing-masing kepala daerah di Jabodetabekpunjur pun sudah sepakat menandatangani komitmen bersama untuk berperan aktif mengatasi banjir...
medcom.id

PPKM DKI belum Mampu Turunkan Kasus Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 22 Januari 2021, 11:55 WIB
Data menyebutkan jumlah kasus aktif di Jakarta naik sebanyak 532 kasus per Kamis (22/1). Sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Ada Pelonggaran PPKM, Anies Diminta Koordinasi dengan Bodetabek

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 22 Januari 2021, 11:21 WIB
“Iya harus ada koordinasi dengan daerah penyangga. Aneh karena tidak bisa koordinasi saja, butuh kerendahan hati PPKM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya