Sabtu 02 Januari 2021, 23:00 WIB

Malam ini dan Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Nataru

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Malam ini dan Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Nataru

Antara/Fakhir Hermansyah
Lalu lintas arus balik di Tol Jakarta-Cikampek

 

KEPALA Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan mengatakan peningkatan arus balik libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) belum signifikan.

Hal tersebut dia sampaikan usai memantau arus lalu lintas kendaraan di ruas Tol Cikupa-Tanggerang, Banten, Sabtu.

"Jadi mulai hari ini mulai ada peningkatan untuk arus balik namun belum signifikan. Ini akan kita prediksi nanti malam sampai besok itu puncak arus balik khususnya kendaraan dari arah Sumatera, Merak, menuju Jakarta," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Rudy menyebut terjadi peningkatan volume kendaraan di Gerbang Tol Cikupa 1 dan Gerbang Tol Cikupa 2, di mana terjadi antrian kendaraan sepanjang 200 meter. Kendaraan tersebut berasal dari arah Sumatera, Cilegon, Serang, Banten, dan arus wisata dari arah Anyer.

Rudy mengatakan meski terjadi peningkatan volume kendaraan yang menuju arah Jakarta, kondisi arus lalu lintas terbilang masih dapat dikendalikan. Petugas pun telah menambahkan gerbang tol untuk menghindari penumpukan di pintu keluar tol.

Lebih lanjut, Rudy juga memantau arus lalu lintas di simpang Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Arus lalu lintas warga yang menuju Jakarta maupun sebaliknya masih terpantau sepi.

Baca juga : Puncak Arus Mudik Tahun Baru Dengan KA Naik 30%

"Untuk di simpang Gadog arus lalu lintas dari pagi hingga siang ini lancar, baik itu kendaraan dari arah Jakarta maupun arah sebaliknya,” ucap Rudy.

Dia menambahkan, rekayasa lalu lintas yang sering dilakukan pada hari libur, seperti pemberlakuan sistem "one way" ke arah Puncak ataupun ke arah Jakarta ataupun "contra flow" dari Gerbang Tol Ciawi menuju Sukabumi belum dilakukan.

"Secara umum situasi lalu lintas pada hari ini dan kemarin tanggal 1 tahun baru masih normal semuanya masih aman terkendali," kata dia.

Rudy juga mengecek arus lalu lintas di KM 62 tol Cikampek arah Jakarta. Dia menyebut arus lalin arah Jakarta dari Jawa Tengah masih lancar.

“Di KM 62 arah menuju Jakarta, dari Cikampek Utama maupun arah Kalihurip Utama, Bandung, Jawa Tengah menuju arah Jakarta untuk arus balik kita lihat kecepatan kendaraan masih cukup kencang antara 80-90 Km/jam, sehingga dalam hal ini pada sore hari ini untuk arus balik dari Jawa tengah menuju Jakarta masih lancar normal," kata dia.

Rudy memprediksi puncak arus balik libur akhir tahun baru 2021 ini akan terjadi pada malam hari ini dan esok hari. Oleh karena itu, dia memastikan jajaran siap untuk melakukan rekayasa lalu lintas bila terjadi lonjakan volume kendaraan menuju Jakarta. (Ant/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbarr

'Positivity Rate' di Jakarta Di Bawah 1%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:34 WIB
Total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 841.592 dengan tingkat kesembuhan 98,2%, dan total 13.500 orang meninggal dunia dengan tingkat...
MI/Ramdani

Amankan PON XX Papua, Polda Kalteng Kirim Dua Kompi Pasukan Brimob

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:33 WIB
Diharapkan dengan bekal latihan yang sudah dilakukan dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan, seluruh personel pengamanan dapat...
MI/Galih Pradipta

Anggaran Habis, Perbaikan Gedung Sekolah Rusak di Depok Ditunda

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:22 WIB
Dinas Pendidikan Depok telah mengajukan rehabilitasi gedung sekolah yang rusak kepada Wali Kota melalui Dinas Perumahan dan Permukiman...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya