Selasa 03 November 2020, 21:18 WIB

Taman Luas di Koridor Timur Masuk Rekor MURI

Gana Buana | Megapolitan
Taman Luas di Koridor Timur Masuk Rekor MURI

DOK IST
Penyerahan penghargaan MURI.

 

RUANG terbuka hijau di atas area seluas 105 hektar di Koridor Timur, Kota Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi diganjar dengan anugrah rekor MURI. Berkonsep kota New York, sedikitnya 12 arena menarik di area yang diberi nama 'Central Park' ini.

Arena tersebut dilengkapi dengan fasilitas Jogging Track, Rumah Hobbit, Jembatan Cinta, Taman Hewan (Mini Zoo), Gembok Cinta, Carousell, Sepeda Tandem, Lapangan Futsal Rumput, Taman Pergola Cinta, Container Shop hingga Large Children Playground.

"Selain itu, di Central Park ini tersaji pemandangan lahan dengan tanaman hijau yang memang kini jarang ditemukan di pusat kota di Indonesia. Untuk menyegarkan pikiran, Anda bisa menghirup udara yang sejuk di lahan seluas 105 hektar tersebut," ungkap CMO Meikarta Lilies Surjono CMO Meikarta dalam keterangan resmi yang diterima.

Lilies mengatakan, ada sekitar 96 ribu tumbuhan yang telah ditanam di area Central Park Meikarta. Sementara dalam upaya penghijauan yang dilakukan ini melibatkan sejumlah warga sekitar dan juga petani lokal.

Baca juga: 16 Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Dibuka Kembali, Ini Daftarnya

"Berbagai pohon bertekstur keras seperti randu, beringin, dan pulai juga ditanam di area taman. Selain itu, bunga warna-warni pun turut di tanam agar tidak hanya terlihat hijau, tetapi Meikarta central park juga akan menjadi lebih cantik," jelas dia.

Di dalam central park terdapat sebuah danau yang memiliki luas 50 hektar dengan daya tampung maksimal 300.000 meter kubik merupakan salah satu upaya Meikarta untuk menghindari banjir. Fungsinya sebagai _reservoir_ tentu akan semakin optimal jika didukung dengan adanya pohon hijau di sekitarnya.

"Central Park Meikarta juga dibuat untuk sebagai sarana rekreasi keluarga. Anda akan menemukan area yang khusus digunakan untuk pejalan kaki untuk ber-olahraga," katanya.

Selain itu, lanjut dia, dari pengalaman sejumlah penghuni dan pengunjung, aneka spot_menarik di Central Park Meikarta ini akan lebih indah jika dinikmati pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Selain dapat menikmati keindahan danau Meikarta yang cantik, Anda juga akan disuguhkan suasana romantis ketika lampu-lampu taman mulai menyala.

Kehadiran ruang terbuka hijau ini diapresiasi oleh MURI. Dengan adanya taman di tengah kota, maka akan menjadikan keseimbangan antara kemajuan teknologi dengan konsep back to nature. Hal ini menjadikan Meikarta menjadi sebuah kota baru yang menyuguhkan keasrian dan kenyamanan ruang terbuka hijau yang sangat luas bagi penghuninya.

Dengan adanya taman ini, artinya pihak swasta
menyadari betul fungsi ruang terbuka hijau bagi masyarakat. Ketersediaan udara segar serta suhu yang sejuk bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. (R-3)

 

Baca Juga

DOK.MI

Polda Metro Tangkap Pelaku Tutup Jalan Asia Afrika untuk Balap Liar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:45 WIB
Sebelumnya, rekaman video aksi balap liar di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, tersebar melalui media sosial beberapa waktu...
Antara

Pemprov DKI Pusatkan Salat Iduladha di Jakarta International Stadium

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:40 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan ibadah salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta...
Ist

Pameran Mommy N Me di JCC, Senayan, Telah Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 21:42 WIB
pada Jumat (1/7), pameran Mommy N Me resmi dibuka. Mommy N Me siap menjadi tempat seru untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya