Senin 02 November 2020, 17:38 WIB

Usai Liburan, Anies Minta Warga ke Puskesmas jika Ada Gejala

Hilda Julaika | Megapolitan
Usai Liburan, Anies Minta Warga ke Puskesmas jika Ada Gejala

MI/Fransisco Carollio
.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warganya yang sudah melakukan liburan untuk lebih ketat menjaga diri. Bila terdapat gejala kesehatan tertentu, ia meminta untuk melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya klaster liburan usai cuti bersama pada akhir Oktober lalu. "Dari sebelum liburan, kami sudah meminta Gugus Tugas RW untuk mengabarkan warga bila habis berpergian atau liburan dan mengalami gejala, segera ke puskesmas untuk dilakukan observasi," kata Anies di Jakarta, Senin (2/11).

Dengan begitu, lebih mudah dalam mendeteksi sedini mungkin, termasuk gejala covid-19. "Bila perlu dilakukan testing. Bila ada gejala bisa langsung dideteksi lebih awal," imbuhnya.

Ia pun mengkhawatirkan orang tanpa gejala (OTG). Penyebaran covid-19 lebih mudah bila tak ada penindakan khusus bagi OTG.

"Itulah kekhawatiran kami. Makanya pakai masker biar tidak menularkan ke orang lain. Karena pakai masker melindungi orang lain. Saya sering sampaikan cara menghormati lawan bicara pakai masker. Apalagi kalau tanpa gejala kan mengkhawatirkan sekali kalau tidak pakai masker," ungkapnya.

"Makanya pesan saya berkumpul dengan orang yang kita kenal, saudara, atau teman kerja, masker tetap dipakai," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Pemulihan Ekonomi Semakin Terasa, UMKM di Jakarta Terus Didorong Untuk Bangkit

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:36 WIB
Program pemerintah melalui KUR, dikatakan dia, bisa membangkitkan ekonomi. Untuk itu, Pegadaian hadir untuk salurkan KUR super...
MI/ Moh Irfan

Tandon Air Proyek LRT di Jakarta Jebol

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:34 WIB
Hingga saat ini, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab jebolnya tandon air proyek LRT di Jakarta, yang mengakibatkan lima orang...
MI/Rommy Pujianto

Pelapor Roy Suryo: Saya hanya Menyuarakan Minoritas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:15 WIB
Harapan Herna bahwa semoga kasus ini ditinjaklanjuti, sama seperti kasus penistaan agama yang sudah terjadi sebelumnya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya