Kamis 22 Oktober 2020, 21:26 WIB

Pemprov DKI Tambah Pompa untuk Antisipasi Banjir

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Tambah Pompa untuk Antisipasi Banjir

MI/USMAN ISKANDAR
Pompa membuang air ke Kali Ciliwung yang berasal dari pemukiman warga di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza memastikan tahun ini Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI akan terus menambah pompa-pompa untuk mengendalikan banjir.

Hal itu dipastikan dari pengajuan anggaran Dinas SDA DKI pada rancangan APBD Perubahan 2020 yang saat ini sedang dibahas oleh DPRD DKI Jakarta.

"Detailnya saya tidak hapal, tapi sejauh yang saya tahu, itu digunakan untuk di antaranya program pengerukan sampah, program drainase vertikal, program pompa, kemudian juga program pembebasan lahan," kata Ariza di Balai Kota, Kamis (22/10).

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan tiap tahun Pemprov DKI selalu melakukan pembelian pompa serta menyisihkan anggaran untuk pemeliharaan.

Namun, ia mengakui jumlahnya kerap kali kurang karena curah hujan yang tiap tahun selalu meningkat.

"Ya kalau terkait pompa itu selalu ada perbaikan atau revitalisasi. Selalu ada juga yang baru. Kalau bicara pompa di Jakarta ini sekalipun kita punya pompa dalam jumlah yang banyak, ya jumlahnya masih kurang," jelasnya.

Namun, menurutnya bukan hanya Jakarta yang saat ini masih berjibaku dengan banjir. Banjir terjadi di banyak negara dan pompa juga digunakan sebagai solusi mengatasi banjir.

"Kita selalu menambah pompa. Setiap tahun kita selalu menservis memperbaiki melakukan revitalisasi optimalisasi terkait pompa. Di dunia semua negara negara yang mengalami banjir ya pasti salah satunya mengendalikan pompa, selain program-program lainnya," tukasnya.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Rizieq ‘Kabur’ dari RS, Epidemiolog: Harus Ada Upaya Persuasif

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 November 2020, 14:00 WIB
Epidemiolog Dicky Budiman, perlu ada upaya klarifikasi serta pendekatan persuasif kepada MRS. Pasalnya hal ini berkaitan dengan pihak lain...
MI/Gabriellangga

Razia Protokol Kesehatan, Polres Jaksel Tutup 19 Kafe dan Restoran

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 November 2020, 13:33 WIB
Selain kafe dan restoran, petugas juga membubarkan kerumunan di sepanjang jalan Antasari, Kemang, Bulungan, Blok M, dan Pondok...
Ilustrasi

KPK Duga Harun Masiku Tak Gunakan Ponsel Lagi

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 29 November 2020, 13:19 WIB
OTT terhadap Edhy diakui Nawawi lebih mudah ketimbang usaha penangkapan Harun. Menurutnya, hal itu disebabkan karena Edhy menggunakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya