Senin 20 Juli 2020, 14:27 WIB

Kepolisian Siap Kawal Pilkada Bermutu

Cahya Mulyana | Megapolitan
Kepolisian Siap Kawal Pilkada Bermutu

MI/Susanto
Penandatangan peraturan bersama pengawasan Pilkada 2020

 

KEPOLISIAN RI berkomitmen dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 supaya bermutu. Melalui kerja sama dalam centra gakmudu, Korps Bhayangkara bersama Bawaslu dan Kejaksaan Agung siap menangani setiap pelanggaran.

"Saya hanya berpesan setelah penandatanganan kesepakatan ini saya minta Asops benar-benar menunjuk orang yang punya komitmen dan integritas yang duduk di Sentra Gakkumdu, bukan hanya nama," tegas Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis seusai penandatangan peraturan bersama antara Bawaslu, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Senin (20/7).

Pada kesempatan itu hadir Ketua Bawaslu Abhan bersama beberapa jajarannya dan Jaksa Agung ST Burhanuddin juga beserta sejumlah pejabat teras Kejaksaan Agung.

Ia mengatakan personel bermutu tinggi kepolisian yang perlu masuk dalam centra gakumdu pilkada 2020. Hal ini untuk memastikan penanganan setiap perkara pelanggaran pilkada berjalan lebih baik.

Tidak hanya itu, dia menekankan pentingnya pemberian reward terhadap personel kepolisian yang nantinya dinilai berkinerja sangat baik. "Bahkan berikan mereka kepastian kalau mereka berhasil dalam kebersamaan dalam sentra gakumdu, berikan mereka reward untuk motifkasi lebih," ujarnya.

Menurut dia, pengalaman penanganan pelanggaran pemilu dan kerja sama ketiga institusi telah lama terjadi. Hal ini menambah modal untuk centra gakumdu dapat mengatasi segala tugas dan tantangan termasuk dampak virus korona.

"Sangat bagus penandatanganan (peraturan bersama sebagai payung hukum centra gakumdu) ini karena kita harus siap dalam kondisi apapun. Saya mengucapkan selamat dan saya akan mengecek (kinerja centra gakumdu) setiap saat dan meminta Asop juga melaporkan kepada saya secara periodik," pungkasnya.

Baca juga : Di Depok, Keluar Rumah tanpa Masker Didenda Rp50 Ribu

Dalam kesempatan tersebut Jaksa Agung,ST Burhanuddin, juga menyampaikan menyambut baik penandatanganan ini, kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam landasan bersama menghadapi pemilukada serentak tahun ini.

Jaksa Agung minta seluruh yang tergabung dalam sentra gakkumdu wajib untuk bersama sama bergandeng tangan untuk menghadapi pemilukada serentak tahun 2020 ini, apalagi pemilihan saat ini juga bersamaan dengan adanya pandemi covid 19, juga kondisi perekonomian sangat-sangat memprihatinkan, sehingga membutuhkan kerja sama untuk bergandeng tangan.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan, sentra Gakkumdu saat ini Lebih mengutamakan upaya pencegahan dan pengawasan, serta upaya hukum sebagai langkah terakhir.

‘’Namun apabila upaya pencegahan dan pengawasan tidak dapat diatas upaya hukum harus ditegakkan,’’ pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Bareskrim Polri Cekal Bos CV Samudra Chemical

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 27 November 2022, 16:31 WIB
Pencekalan dilakukan setelah tersangka berinisial E masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Sebelumnya, E ditetapkan sebagai tersangka...
Ist

Sambut Liburan Akhir Tahun, Cafe Le Bay Hadir di Batavia PIK

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:35 WIB
Le Bay merupakan sebuah kafe modern 4 lantai dengan konsep kreatif yang kuat bernuansa tepi pantai, sehingga menyatu dengan suasana...
dok.ist

Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang Gelar Pasar Murah untuk Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:52 WIB
RATUSAN voucher paket sembako murah digelontorkan kepada nelayan dan masyarakat sekitar oleh Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang di Desa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya