Jumat 12 Juni 2020, 06:50 WIB

KAI Hanya Layani Penjualan Tiket Secara Daring

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
KAI Hanya Layani Penjualan Tiket Secara Daring

MI/Fransisco Carolio
Penumpang yang akan ke luar kota naik kereta api

 

Pada penerapan masa adaptasi kebiasaan baru, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan secara daring, yakni melalui Aplikasi KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian 'go show' (tiga jam sebelum jadwal keberangkatan) di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

"Sementara untuk pemeriksaan tiket saat akan melakukan perjalanan, pada proses boarding penumpang akan diminta melakukan scan tiket secara mandiri, guna mengurangi kontak fisik antara penumpang dan petugas," ungkap Kahumas PT KAI Daop 1 Eva Chairunnisa dalam keterangan resminya, Jumat (12/6).

Penerapan prosedur masa adaptasi kebiasaan baru tidak hanya dari sisi penumpang saja, tapi petugas juga turut menjalankannya. Dalam melayani pelanggan pada masa adaptasi kebiasaan baru, petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield.

Petugas tersebut, antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.

Baca juga: Anies Terbitkan Seruan Protokol Kesehatan Kegiatan Ibadah

"Selain pada pelayanan angkutan penumpang, Daop 1 Jakarta juga menerapkan pedoman masa adaptasi kebiasaan baru untuk angkutan barang seperti physical distancing di loket pelayanan barang, penyediaan wastafel portabel dan hand sanitizer, menjaga kebersihan fasilitas angkutan barang, memeriksa barang-barang yang akan diangkut secara mendetail, serta mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan," ujar Eva.

Di sisi lain, mulai hari ini Daop 1 mulai mengoperasikan KA jarak jauh, yakni KA Serayu dengan relasi Pasar Senen-Purwokerto dengan jadwal keberangkatan 09.15 WIB. Ini adalah KA jarak jauh pertama yang diberangkatkan setelah sebelumnya sejak 12 Mei, KAI hanya mengoperasikan kereta luar biasa (KLB) untuk melayani pengguna yang diizinkan berpergian ke luar daerah dengan syarat-syarat tertentu.

Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjen KA Kemenhub No 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Minat Baca dan Literasi, Bale Buku Jakarta Diresmikan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 22:49 WIB
Bale Buku Jakarta yang diresmikan akan menjadi sarana bagi masyarakat di wilayah setempat  agar lebih mudah mendapatkan akses...
Antara

Pemudik Pakai Ambulans untuk Kelabuhi Petugas

👤Ant 🕔Jumat 07 Mei 2021, 22:06 WIB
Saat dimintai keterangan penumpang tersebut berkilah menumpang ambulans karena alasan keluarga sakit dan...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

515 Pemohon Ajukan SIKM di Jakarta, Hanya 65 yang Disetujui

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:45 WIB
Dari jumlah tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, hanya 65 permohonan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya