Senin 01 Juni 2020, 17:48 WIB

Tren Kriminalitas Menurun, Polri Tetap Gencarkan Patroli

Tri Subarkah | Megapolitan
Tren Kriminalitas Menurun, Polri Tetap Gencarkan Patroli

Antara/Asprilla Dwi Adha
Polisi menyelenggarakan patroli malam di Depok, Jawa Barat

 

SELAMA pandemi covid-19 di Indonesia, Kepolisian Daerah Metro Jaya mencatat adanya penurunan angka kriminalitas. Meski demikian, patroli tetap gencar dilakukan untuk terus menekan angka kriminalitas di Jabodetabek.

"Selama covid-19 sejak mulai Maret, secara totalitas kriminal yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya ini sebenarnya menurun secara crime total," ujar Kombes Yusri Yunus, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin (1/6).

Yusri menjelaskan, patroli yang dilakukan setiap harinya oleh jajaran Polda Metro Jaya juga menggandeng TNI dalam patroli skala besar.

"Juga kita patroli skala besar bersama-sama dengan teman-teman TNI di jam-jam tertentu, di situlah kita plotting hasil mapping masing-masing wilayah, tim khusus ini lah yang bergerak," papar Yusri.

Baxca juga : Polisi Akan Tes Rambut Dwi Sasono

Meskipun tercatat mengalami penurunan, Yusri mengatakan ada beberapa kasus kriminal yang mengalami sedikit peningkatan. Misalnya kasus narkoba, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, serta kejahatan jalanan (street crime).

Untuk kasus berita bohong dan ujaran kebencian saja, Yusi menyebut pihaknya telah menyelidiki sebanyak 480 lebih kasus selama pandemi covid-19. Sementara itu, target pelaku perampokan selama pandemi mengalami pergeseran.

"Jadi berubah, bukan lagi di rumah. Karena sekarang ini kan masyarakat banyak yang di rumah. Pelaku cari tempat-tempat kosong seperti minimarket," papar Yusri.

"Tapi Polda Metro Jaya pengungkapannya cukup tinggi. 18 kasus curat (pencurian dengan pemberatan--red) minimarket, 16 yang sudah diungkap selama covid-19," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemuda Pancasila Bakal Polisikan Anggota yang Terbukti Pukul Polisi 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 November 2021, 23:34 WIB
Ormas Pemuda Pancasila, kata Razman, akan langsung menyerahkan anggotanya yang terbukti melakukan penganiayaan anggota...
Ilustrasi

Polda Metro Jaya Ringkus Komplotan Pengganjal Mesin ATM di Cikarang 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 November 2021, 21:12 WIB
Endra menjelaskan, petugas telah menciduk tiga tersangka, yakni P (37), N (32), N (41). Masing-masing tersangka memiliki peran saat...
Dok.MI

Polisi Periksa Tersangka Mafia Tanah Terkait Penyekapan oleh Keluarga Nirina Zubir

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 26 November 2021, 17:57 WIB
Kasus dugaan penyekapan ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 13 November lalu. Ia mengatakan lokasi penyekapan berada di Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya