Kamis 06 Februari 2020, 11:45 WIB

Anies Tegaskan Revitalisasi Monas Tetap Jalan

Yanti Nainggolan | Megapolitan
Anies Tegaskan Revitalisasi Monas Tetap Jalan

MI/PIUS ERLANGGA
Pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan revitalisasi Monas tetap jalan. Namun, kelanjutan proyek belum jelas kapan.

"Kenapa diteruskan? Karena sejalan dengan Keppres (Keputusan Presiden) Nomor 25 Tahun 1995, ada penyesuaiannya, ada pada penambahan vegetasi," terang Anies di Istana Merdeka, Rabu (5/2).

Pihak Pemprov akan memberikan gambaran proyek revitalisasi Monas pada Komisi Pengarah, yaitu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg). Setelah itu, proyek baru dilaksanakan.

Terkait Plaza Selatan Monas, Anies menjelaskan tujuan dari pembangunan tersebut adalah memanfaatkan lahan yang masih berkiblat pada Keppres tersebut.

Baca juga: PKS: Anies Bisa Jadi Presiden Kalau Sukses Jadi Gubernur

Ia memaparkan, selama ini, selalu ada penambahan di area Monas. Misalnya lapangan olahraga, pagar, tempat parkir, hingga taman pandang.

"Jadi ada penambahan-penambahan seperti itu dilakukan sesuai dengan Keppres," tegas dia.

Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Pratikno meminta Pemprov DKI Jakarta menyetop proyek revitalisasi kawasan Monas. Pemprov DKI Jakarta belum mengantongi izin komisi pengarah dalam merombak kawasan ikon Ibu Kota itu.

Pratikno menyebut izin diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Pratikno mengakui Pemprov DKI sudah mengirim surat untuk merevitalisasi Monas. Namun, surat diberikan setelah revitalisasi berjalan. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Dinas LH DKI Ungkap Banyak Truk Tinja Nakal Buang Limbah di Saluran Air

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:29 WIB
Menurut Humas Dinas LH DKI, pihaknya sudah pernah beberapa kali menemukan kejadian serupa di mana para sopir atau awak angkutan truk tinja...
MI/ANGGA

Pasokan Air Bersih Marunda Kepu Terputus Satu Bulan, Walhi Jakarta: Bentuk Kegagalan Negara

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:23 WIB
Sudah satu bulan masyarakat Marunda Kepu yang merupakan pelanggan PT Aetra Air Jakarta tidak dapat menikmati pasokan air bersih akibat...
Dok. MI

DKI Ungkap Banyak Truk Tinja Buang Limbah Di Saluran Air

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 14:55 WIB
Biasanya, sopir truk berpura-pura memarkirkan kendaraan di pinggir trotoar. Lalu saat sepi, awak angkutan truk mengeluarkan selang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya