Minggu 17 November 2019, 09:17 WIB

Disparbud DKI Anggarkan Rp700 Miliar Untuk Festival dan Promosi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Disparbud DKI Anggarkan Rp700 Miliar Untuk Festival dan Promosi

MI/Andri Widiyanto
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) menjadikan Kota Jakarta sebagai penutup rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal 2.

 

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menganggarkan Rp700 miliar pada tahun ini untuk promosi wisata Jakarta sekaligus melangsungkan berbagai kegiatan festival. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Parisiwasata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali mengatakan angka itu tidak termasuk besar karena masih banyak festival yang juga turut dibantu pendanaannya oleh swasta.

"Ya tergantung persepsi orang ya. Kalau melihatnya hanya menghamburkan anggaran ya itu kan pandangan yang memang menurut mereka tidak tahu secara keseluruhan bahwa kita kan punya strategi dari Januari hingga Desember itu. Tujuannya agar setiap bulan ada pegelaran atau atraksi yang bisa dinikmati wisatawan. Bukan hanya di penghujung tahun tapi di awal-awal," ungkap Alberto ditemui usai hadir dalam Festival Pesona Lokal di Gelora Bung Karno, Sabtu (16/11/2019).

Puluhan festival sudah digelar oleh Dinas Parisiwisata dan Kebudayaan sepanjang 2019 ini di antaranya Festival Cap Go Meh, Jakarta Muharram Festival, Festival Pecinan, Festival Kota Tua, hingga yang teranyar Festival Pesona Lokal dan Jakarta International Performing Arts (JakIPA).

Alberto mengungkapkan puluhan festival dan kegiatan promosi lainnya yang digelar bertujuan untuk meraih target kunjungan wisata mancanegara hingga 2,9 juta sampai akhir tahun ini. Menurutnya, festival lebih banyak dititikberatkan di akhir tahun karena pertimbangan musim liburan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Sampai Agustus kemarin sudah 1,2 juta wisman yang masuk ke Jakarta. Kita harapkan tercapai hingga akhir tahun ini," ungkapnya.

baca juga: Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Pasar Kenari

Ia menilai keterlibatan swasta cukup besar dalam penyelenggaraan festival.

"Saya rasa kita tidak dalam konteks menghabiskan anggaran. Semua yang kita lakukan itu kolaborasi, dengan swasta jadi tidak semata-mata menggunakan APBD," tegasnya.(OL-3)

 

Baca Juga

AFP/ADITYA SAPUTRA

Rizieq Dilaporkan Terkait Lahan Megamendung, Polri Tunggu Penyidik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:41 WIB
Kuasa hukum PTPN VIII, Ikbar, menyatakan dirinya melaporkan 250 orang yang merupakan pihak penguasa lahan di lokasi pesantren tersebut....
ANTARA/HO-Sudin SDA Jaktim.

Waduk di Kantor Bea Cukai, Jakarta Timur, Meluap

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:12 WIB
Genangan itu terjadi pada pukul 09.00 WIB karena saluran dan volume air di waduk Kantor Bea dan Cukai melebihi kapasitas...
MI/Fahrullah

Gerindra Tuding Pemprov DKI tidak Punya Strategi Pendisiplinan 3M

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:49 WIB
Syarif menilai Pemprov DKI perlu rutin melakukan monitoring dan evaluasi harian. Lalu ada proses pengambilan solusi yang konkret dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya