Jumat 20 Januari 2023, 14:57 WIB

Retno Ajak Dunia Ulurkan Tangan untuk Perempuan Afghanistan

Cahya Mulyana | Internasional
Retno Ajak Dunia Ulurkan Tangan untuk Perempuan Afghanistan

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra
Menlu Retno Marsudi

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak di New York, Amerika Serikat. Agendanya membahas dukungan bagi pendidikan perempuan di Afghanistan serta pencalonan Indonesia di Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB.

Beberapa pihak yang ditemui Menlu Retno dalam kunjungan kerjanya di New York yaitu Utusan Khusus AS untuk Afghanistan, Rina Amiri. Dalam pertemuan dibahas antara lain mengenai tindak lanjut International Conference on Afghan Women's Education (ICAWE).

Konperensi Internasional yang diselenggarakan pada 9 Desember 2022 di Bali ini menghasilkan komitmen politis dan dukungan konkret untuk pendidikan dan pemberdayaan perempuan Afghanistan.

Retno menyampaikan pentingnya menjajaki metode pendidikan alternatif seperti daring, pemberdayaan perempuan melalui pendidikan informal, serta dialog antarpemuka agama negara Islam dengan Afghanistan.

Retno juga membahas isu itu saat bertemu dengan para Wakil Tetap negara-negara yang berpengaruh dalam isu Afghanistan di PBB. Negara tersebut antara lain Amerika Serikat (AS), Inggris, Rusia, dan Tiongkok. Juga sejumlah negara Islam seperti Pakistan dan Turki, serta negara donor yaitu Jerman dan Swiss.

"Selain membahas bantuan kemanusiaan dan dukungan bagi pendidikan perempuan di Afghanistan, juga berbagi prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 yaitu perkembangan di Myanmar dan kawasan Indo-Pasifik," ungkap Retno dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Jumat (20/1).

Baca juga: Taliban Larang Perempuan Afghanistan Kuliah

Secara terpisah, Retno juga bertemu dengan Wakil Direktur Eksekutif UNICEF. Tujuan pertemuan itu untuk memastikan masyarakat internasional terus memberikan bantuan kemanusiaan yang vital bagi rakyat Afghanistan.

Sebelumnya, Retno bertemu Wakil Tetap Botswana, Burundi, dan Rwanda. Pertemuan membahas mengenai pencalonan Indonesia di Dewan HAM periode 2024-2026. Dalam pertemuan, Menlu Retno sampaikan kedekatan bilateral kedua negara dan track record Indonesia dalam isu HAM.

Menlu Retno harapkan dukungan dari semua negara tersebut dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada bulan Oktober tahun ini. (OL-5)

Baca Juga

AFP

Kim Jong-un Unjuk Rudal Antarbenua dan Nuklir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:21 WIB
Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mempertontonkan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan hulu ledak nuklor dalam parade militer besar...
AFP

KBRI Damaskus Pastikan tidak Ada WNI Jadi Korban Gempa Turki-Suriah

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:13 WIB
KBRI Damaskus mencatat terdapat 836 orang WNI yang memiliki izin tinggal di...
Antara

Soal Penjualan Produk Kedaluwarsa bagi Warga Rusia, Dubes Rusia: Itu Semua Rekayasa

👤Panca Syurkani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:31 WIB
Dia tidak memungkiri ada warga miskin di negaranya. Karena, di setiap negara pasti ada warga yang berada dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya