Sabtu 14 Januari 2023, 12:00 WIB

Snowden Buka Suara Terkait Penemuan Dokumen Rahasia yang Disimpan Joe Biden

Cahya Mulyana | Internasional
Snowden Buka Suara Terkait Penemuan Dokumen Rahasia yang Disimpan Joe Biden

AFP
Mantan kontraktor keamanan Amerika Serikat (AS), Edward Snowden.

 

Mantan karyawan Agensi Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden mengatakan penyimpan satu dokumen rahasia terancam hukuman lima tahun penjara. Komentarnya itu datang setelah kemunculan kabar penemuan dokumen di bekas kantor Presiden AS Joe Biden.

"Sebagai perbandingan, Reality Winner divonis lima tahun penjara hanya untuk satu dokumen (rahasia)," kata Snowden.

Ia juga mencatat bahwa selain Joe Biden, beberapa eks presiden seperti Donald Trump dan Bill Clinton secara ilegal menyimpan dokumen rahasia. Eks bos intelijen AS atau CIA, David Petraeus, disebutnya melakukan hal yang sama. "Orang-orang ini memiliki puluhan hingga ratusan (dokumen rahasia). Tidak ada vonis penjara," sebut Snowden.

Sekitar sepuluh dokumen rahasia dari era Biden saat menjabat Wakil Presiden AS, telah ditemukan di gedung Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement di Washington.

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa dokumen-dokumen itu ditemukan oleh tim pengacara pribadi presiden pada 2 November 2022. Tim kemudian menginformasikan perihal hal tersebut ke Arsip Nasional, di mana semua dokumen semacam itu harus diserahkan.

Jajaran staf Arsip Nasional menghubungi Departemen Hukum AS, yang menyelidiki keberadaan dokumen rahasia. Departemen Hukum AS telah menunjuk seorang jaksa khusus terkait skandal dokumen rahasia tersebut. (TASS/OL-12)

Baca Juga

dok.AFP

Tentara dan Polisi Bersihkan Jalan dari Pengunjuk Rasa Peru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:25 WIB
PEMERINTAH Peru mengerahkan polisi dan tentara untuk membongkar penghalang di jalan raya untuk memperlancar distribusi bahan pokok dan...
AFP

Jepang Perketat Sanksi terhadap Rusia dan Perluas Daftar Larangan Ekspor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:49 WIB
Mereka menambahkan beberapa barang ke dalam daftar larangan ekspor dan membekukan aset-aset para pejabat dan entitas-entitas...
Alaa BADARNEH / POOL / AFP

Presiden Palestina Umumkan Berkabung Nasional Atas Peristiwa di Kamp Jenin

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:15 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (26/1) mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari bagi warga Palestina yang tewas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya