Senin 09 Januari 2023, 06:14 WIB

Pendukung Bolsonaro Serbu Gedung Kongres dan Istana Presiden

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pendukung Bolsonaro Serbu Gedung Kongres dan Istana Presiden

AFP/Sergio Lima
Pendukung mantan presiden Brasil Jair Bolsonaro menduduki gedung Kongres di Brasilia.

 

RATUSAN pendukung mantan presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro, Minggu (8/1), menembus barikade polisi dan menyerbu gedung Kongres, istana presiden, dan mahkamah agung dalam aksi dramatis menentang pelantikan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, pekan lalu.

Gelombang demonstran mengenakan kaos berwarna hijau kuning menembus mencapai gedung Kongres, memanjat ke atap, dan membentangkan spanduk bertuliskan 'INTERVENTION', seruan kepada militer Brasil untuk mengambil alih kendali pemerintahan.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan perusuh mendobrak pintu dan memecahkan jendela gedung Kongres dan kemudian merusak kantor anggota Kongres sembari meneriakan ejekan kepada para anggota Kongres yang tidak ada di lokasi.

Baca juga: Kalah dalam Pilpres Brasil, Jair Bolsonaro Pergi ke AS

Aksi itu mengingatkan dunia pada apa yang terjadi pada 6 Januari 2021 ketika para pendukung Donald Trump menyerbu Capitol di Washington DC untuk memprotes pengesahan kemenangan Joe Biden.

Lula dilantik sebagai presiden Brasil pada Minggu (1/1), setelah memenangkan pemilu dengan keunggulan 50,9% melawan 49,1%. Karenanya, Bolsonaro mengklaim dirinya kalah karena kecurangan KPU Brasil.

Para pendukung Bolsonaro telah menggelar protes di luar markas militer Brasil sejak jagoan mereka kalah dalam pemilu. Mereka meminta militer untuk menggulingkan Lula. (AFP/OL-1)
 

Baca Juga

AFP/Ludovic MARIN

Demi Dukungan Publik, Macron Siap Ubah Batas Pensiun

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 20:20 WIB
Macron berusaha mencari dukungan untuk melawan rivalnya menjelang debat...
AFP/HO/Angkatan Laut Brasil

Brasil Kubur Kapal Induk Eks Prancis di Samudra Atlantik

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:50 WIB
Keputusan menenggelamkan kapal induk yang diberi nama Sao Paulo karena gagal menemukan pelabuhan yang bersedia menampung kapal...
AFP

Tiongkok Kecam Penembakan Balon Udaranya oleh Amerika

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 12:58 WIB
Beijing mengatakan Amerika Serikat bersikeras menggunakan kekuatan, jelas bereaksi berlebihan dan secara serius melanggar praktik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya