Kamis 05 Januari 2023, 20:11 WIB

Paus Fransiskus Memimpin Pemakaman Mantan Paus Benediktus

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Paus Fransiskus Memimpin Pemakaman Mantan Paus Benediktus

Vincenzo PINTO / AFP
PAUS Fransiskus memimpin pemakaman pendahulunya Benediktus XVI

 

PAUS Fransiskus memimpin pemakaman pendahulunya Benediktus XVI pada Kamis (5/1) di hadapan puluhan ribu pelayat di Lapangan Santo Petrus, sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern.

Kardinal berpakaian merah, pejabat tinggi dan ribuan imam dan biarawati dari seluruh dunia berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teolog Jerman, yang mengejutkan gereja Katolik pada tahun 2013 dengan menjadi paus pertama dalam enam abad yang mengundurkan diri.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, pemakaman dipimpin oleh seorang paus duduk, Francis, yang menyampaikan homili dalam bahasa Italia sebagai bagian dari layanan multibahasa dengan misa Latin.

"Benedict ... Semoga kegembiraanmu menjadi lengkap saat kamu mendengar suaranya (Tuhan), sekarang dan selamanya!" kata paus sebagai penghormatan kepada pendahulunya, yang meninggal Sabtu lalu dalam usia 95 tahun.

Di akhir kebaktian, Fransiskus membuat tanda salib di atas peti kayu cemara Benediktus yang sederhana dan menundukkan kepalanya, sebelum 12 pengusung jenazah membawanya ke Basilika Santo Petrus.

Baca juga: Beginilah Suasana Pemakaman Paus Emiritus Benedictus XVI

Benediktus akan dimakamkan di sebuah makam di ruang bawah tanah di bawah basilika, tempat jenazah Yohanes Paulus II disemayamkan sebelum dipindahkan untuk beatifikasinya pada tahun 2011. Ia diangkat menjadi santo pada tahun 2014.

Terlahir sebagai Joseph Ratzinger, mantan paus itu belum menjadi kepala negara selama satu dekade, tetapi para pemimpin dunia termasuk Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni termasuk di antara mereka yang hadir.

Sedikitnya 50.000 orang berada di alun-alun untuk pemakaman, menurut polisi, banyak dari mereka mengantri sejak subuh untuk mengucapkan selamat tinggal.

"Benedict agak mirip ayah saya, jadi saya harus memberi penghormatan kepadanya," kata Cristina Grisanti, 59 tahun dari Milan, yang memuji kemurnian, keterusterangan, kelembutan mantan paus itu.

Diperkirakan 195.000 orang telah memberikan penghormatan lebih awal ketika jenazah disemayamkan. (AFP/OL-4)

Baca Juga

AFP

Unggah Video Menari, Sepasang Kekasih Di Iran Harus Masuk Bui

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 00:26 WIB
PENGADILAN Iran menjatuhkan hukuman penjara masing-masing lebih dari 10 tahun kepada pasangan muda yang menari di depan salah satu landmark...
Wikipedia

Jet Tempur Legendaris J-7 Milik Tiongkok Resmi Pensiun Tahun Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:09 WIB
Jumlah J-7 di dunia saat ini diperkirakan mencapai 2.400 unit, yang tersebar di wilayah Asia, Timur Tengah, dan...
AFP/Oli Scarff.

Inggris Bersiap Hadapi Aksi Mogok Kerja Terbesar

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:26 WIB
Para pemimpin serikat pekerja memperkirakan hingga 500.000 orang akan ikut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya