Jumat 30 Desember 2022, 13:25 WIB

Temui Jokowi, Menlu Malaysia Bahas Perlindungan Buruh Migran

Indriyani Astuti | Internasional
Temui Jokowi, Menlu Malaysia Bahas Perlindungan Buruh Migran

ANTARA FOTO/Aditya Pradana
Menlu Retno Marsudi

 

PRESIDEN Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia Zambry Abdul Kadir di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12). Pertemuan itu menindaklanjuti pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Malaysia, Kamis (29/12).

Menlu Retno menjelaskan dalam pertemuan dibahas soal tindaklanjut kerja sama terkait perlindungan buruh migran. Selain itu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim disebut berencana mengunjungi Indonesia pada awal Januari 2023.

"Saya bertemu dengan Menlu Malaysia, selain membahas keseluruhan. Kita juga membahas mengenai persiapannya. Nah tadi juga bapak presiden tentu menyambut baik rencana kunjungan tersebut," ujar Menlu pada media seusai kunjungan.

Dalam pertemuan dengan Menlu Malaysia, Presiden Jokowi, ujar Retno, kembali mengangkat isu mengenai perlindungan pekerja migran Indonesia. Perjanjian kerja sama melalui Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangani kedua negara.

"Tantangannya adalah bahwa MoU sudah ada, tetapi bagaimana kita mengimplementasikannya dengan baik," tutur Retno.

Baca juga: Malaysia Janji Lindungi Buruh Migran Indonesia hingga Dukung IKN Nusantara

Ia menyakini kalau MoU itu diimplementasikan dengan baik, angka kasus kekerasan yang dialami pekerja migran Indonesia di negeri Jiran akan berkurang. Retno menjelaskan pemerintah Malaysia punya komitmen tersebut.

"Tampak adanya komitmen yang besar dari pemerintahan baru Malaysia untuk memberikan perhatian dan ini berkali-kali disampaikan oleh Datuk Sri Zamry," ungkap Menlu.

Pekerja migran Indonesia, terang Menlu, berkontribusi cukup besar dalam pembangunan ekonomi di Malaysia. Dalam pertemuan, Menlu juga mengatakan Datuk Sri Zamry menyampaikan selamat pada keketuaan Indonesia dalam G20. Selain Menlu Malaysia, Retno mengatakan pada pertemuan itu hadir pula Sekretaris Jenderal Asean Dato Paduka Lim Jock Hoi.

"Intinya sekjen mengatakan terima kasih atas segala kontribusi Indonesia yang antara lain diwujudkan dengan pembangunan gedung ASEAN Sekretariat yang baru, yang membuat mereka lebih nyaman bekerja," tukasnya.

Dato Paduka Lim Jock Hoi, terang Retno, juga memuji kepemimpinan Indonesia di Asean dalam banyak isu yakni persoalan Rohingya, kudeta Myanmar, dan ketegangan di Laut Indo Pasifik.(OL-5)

Baca Juga

AFP

NATO Desak Rusia Hormati Perjanjian Nuklir dengan AS

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:46 WIB
Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) meminta Rusia menghormati perjanjiannya dengan Amerika Serikat (AS) mengenai senjata nuklir yang...
Dok.DPR RI

Terima Dubes Singapura, Muhaimin Siap Dorong Peningkatan Kerja Sama

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:00 WIB
"Kami bersepakat untuk terus berkomunikasi menjaga hubungan yang lebih produktif," ungkap Gus...
gavi.org

Nigeria Umumkan Status Darurat yang Disebabkan Demam Lassa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:19 WIB
Pemerintah Nigeria mengumumkan status darurat yang disebabkan demam Lassa, demikian menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nasional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya