Selasa 06 Desember 2022, 10:03 WIB

17 ABK Indonesia Selamat Usai Kapal Dibajak

Cahya Mulyana | Internasional
17 ABK Indonesia Selamat Usai Kapal Dibajak

Ist
Kapal Tanker B-Ocean yang dibajak di perairan wilayah Selatan Pantai Gading pada Sabtu (3/12).

 

SEBANYAK 17 anak buah kapal (ABK) berpaspor Indonesia bersama dengan 2 lainnya asal Korea Selatan selamat dari pembajakan Kapal Tanker B-Ocean di perairan wilayah Selatan Pantai Gading pada Sabtu (3/12).

"Walaupun secara fisik para ABK dalam keadaan sehat, namun demikian secara psikis mereka mengalami trauma dan ingin segera pulang. Untuk meringankan beban psikis tersebut KBRI Dakar telah memfasilitasi komunikasi telpon antara para ABK Indonesia dengan keluarganya di Indonesia," ungkap keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dakar, Senegal, Selasa (6/12).

Pada Jumat, 25 November 2022, KBRI Dakar menerima laporan dari Atase Pertahanan KBRI Abuja bahwa Kapal Tanker B-Ocean, berbendera Kepulauan Marshall hilang kontak di bagian selatan perairan Pantai Gading.

Melalui koordinasi erat dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Athan KBRI Abuja, KBRI Seoul, Konhor RI di Abidjan dan PT Amas (Agen ABK di Indonesia) diperoleh informasi bahwa Kapal Tanker B-Ocean yang dimiliki oleh Doorae Shipping South Korea itu hilang kontak sejak 24 November 2022 usai dibajak pada 24 November.

Baca juga: Pemimpin Bajak Laut Kabur ke Luar Jakarta

Para pembajak mengambil seluruh stok minyak kapal B-Ocean serta merusak hampir seluruh peralatan komunikasi yang membuat awak kapal sulit terhubung dengan otoritas di darat.

Berkat upaya IMO dan adanya Angkatan Laut Italia yang berada pada titik terakhir komunikasi Kapal Tanker B-Ocean dengan otoritas darat, maka pada 26 November 2022, Angkatan Laut Italia berhasil menemukan kapal tersebut.

Pada Minggu (27/11), KBRI Dakar menerima informasi bahwa pihak pelabuhan di Abidjan telah mengirim kapal tug (penarik) untuk menarik Kapal B-Ocean ke pelabuhan Abidjan, Pantai Gading yang memakan waktu dua hari.

Usai mendapatkan informasi ini, Duta Besar RI Dindin Wahyudin langsung menugaskan Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler, Dyah Kuncorowati ke Abidjan untuk bersama Konhor RI Abidjan, Sylla Darboux menemui dan membantu para ABK Indonesia di Kapal B-Ocean.

Pada Jumat (2/12), pukul 17.49 waktu setempat, Kapal Tanker B-Ocean memasuki pelabuhan Abidjan. KBRI Dakar bersama Kedubes Korea Selatan di Abidjan belum diberikan akses oleh pihak maritim dan Kementerian Perhubungan Pantai Gading untuk menemui para ABK.

Berbagai alasan serta ketidakjelasan informasi yang diberikan oleh aparat keamanan setempat membuat sulit untuk bertemu langsung dengan para ABK. Berbagai upaya dilakukan untuk dapat segera menemui para ABK Indonesia, bahkan upaya pada tataran tinggi KBRI.

Dubes RI Dindin Wahyudin melayangkan surat kepada Kementerian Perhubungan Pantai Gading dan berkomunikasi secara intens dengan Dubes Korea Selatan, Kementerian Perhubungan Pantai Gading dan otortas pelabuhan.

Akhirnya pada Sabtu, 3 Desember 2022, pukul 12.30, PF Protkons KBRI Dakar, Konhor RI Abidjan dan Kedubes Korea Selatan di Abidjan akhirnya diberikan akses untuk naik kapal dan menemui para ABK.

Dalam pertemuan antara KBRI Dakar dengan Kapten kapal yang asal Korea Selatan dan Chief Officer yang asal Indonesia serta beberapa ABK Indonesia, diperoleh informasi bahwa seluruh barang berharga pribadi seperti HP, laptop dan jam tangan juga dirampas oleh para pembajak.

KBRI Dakar juga telah memberikan bantuan logistik kepada 17 ABK Indonesia. Hingga saat ini masih sedang dilakukan tahap investigasi yang menimpa Kapal B-Ocean dan selama masa investigasi berlangsung akan dilakukan wawancara dengan seluruh ABK.

Pihak otoritas setempat tidak memberikan keterangan mengenai jangka waktu investigasi.

Dari kesaksian ABK, para pembajak berjumlah tujuh orang, empat berkulit putih dan sisanya hitam. Semuanya terlatih secara militer saat membajak Kapal B-Ocean yang juha pernah mengalami nasib serupa pada Januari 2022.

KBRI Dakar bersama Konhor RI di Abidjan akan terus mengikuti perkembangan ke 17 ABK Indonesia ini sampai dengan kepulangan mereka ke tanah air. (Cah/OL-09)

Baca Juga

AFP/Bertha Wang

Hong Kong Tawarkan 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis

👤Media Indonesia 🕔Kamis 02 Februari 2023, 17:32 WIB
Otoritas Hong Kong pada Kamis menawarkan 500 ribu tiket penerbangan gratis lewat promosi...
AFP/Ludovic MARIN

Komunitas Katolik Sant'Egidio dan Tokoh Perdamaian Kenya Mama Shamsa Raih Zayed Award 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 16:45 WIB
Komunitas Katolik  Sant'Egidio dan tokoh perdamaian Kenya Shamsa Abu Bakar Fadhil sebagai penerima Penghargaan Zayed atau...
AFP

Korut tidak Ragu Berperang dengan Korsel dan AS

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 02 Februari 2023, 16:18 WIB
Ancaman dari otoritas Korea Utara muncul tak lama setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan latihan militer...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya