Kamis 24 November 2022, 21:54 WIB

Adik Kim Jong-un Kecam Sikap Presiden Korea Selatan

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Adik Kim Jong-un Kecam Sikap Presiden Korea Selatan

AFP
Kim Yo Jong, adik dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

 

SAUDARA perempuan dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menggambarkan Presiden Korea Selatan sebagai "idiot" dan "anjing setia" terhadap Amerika Serikat (AS).

Pandangan Kim Yo Jong dilaporkan media pemerintah pada Kamis (24/11) waktu setempat. Kritik Yo Jong muncul ketika Korea Selatan tengah mempertimbangkan sanksi sepihak terhadap Korea Utara.

Diketahui, belum lama ini Korea Utara melakukan uji coba rudal, termasuk peluncuran rudal balistik antarbenua. "Jelas bahwa Korea Selatan adalah 'anjing setia' dan kaki tangan AS," ujarnya dalam pernyataan yang disiarkan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Baca juga: Kim Jong Un, Didampingi Putrinya, Pimpin Uji Coba Rudal Balistik

"Saya bertanya-tanya 'sanksi' apa yang dijatuhkan oleh Korea Selatan dan kelompoknya. Tidak lebih dari seekor anjing liar yang berlari untuk mengejar tulang dari AS. Mereka lancang sekali menjantuhkan sanksi ke negara kami," cetus Yo Jong.

Adapun Yo Jong menuding Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol telah menciptakan situasi berbahaya. Serta, membandingkannya dengan pendahulunya, yakni Moon Jae-in, yang bersikap lebih dovish.

Baca juga: Pagi Buta, Korut dan Korsel Saling Lempar Rudal

"Saya bertanya-tanya mengapa orang Korea Selatan masih menjadi penonton pasif terhadap tindakan pemerintah Yoon Suk-yeol dan orang bodoh lainnya," sambungnya.

Profesor Yang Moo-jin dari Universitas Studi Korea Utara menilai otoritas Korea Utara cenderung mengeluarkan pernyataan sebelum melakukan provokasi. Kemungkinan, bakal ada aksi protes bersenjata untuk melawan Korea Selatan dan AS.(CNA/OL-11)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya