Rabu 23 November 2022, 13:05 WIB

Pakar Puji Keberhasilan Jokowi Bawa Indonesia Ke Puncak Kepemimpinan Dunia

mediaindonesia.com | Internasional
Pakar Puji Keberhasilan Jokowi Bawa Indonesia Ke Puncak Kepemimpinan Dunia

ANTARA/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru
Presiden Joko Widodo mengetuk palu tanda diakhirinya KTT G20 di Bali, Rabu (16/11).

 

PAKAR komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Konferensi Tinggi Tinggi (KTT) G20 menjadikan Indonesia berada di puncak kepemimpinan dunia. 

Tentunya, menurut Emrus, kesuksesan itu tidak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang telah berhasil berjalan efektif sehingga menimbulkan citra positif dan kesan mendalam bagi para petinggi negara anggota G20.

“Saya kira sangat bagus kita harus akui. Jadi saya berpendapat keberhasilan Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi menyelenggarakan G20 bukan tujuannya pencitraan tetapi keberhasilan itu menimbulkan citra,” ujar Emrus, Selasa, (22/11).

Baca juga: Kepemimpinan Indonesia dalam G20 Tahun Ini Diapresiasi Lembaga Keuangan Dunia

“Nah, citra positif membuat posisi Indonesia di mata internasional semakin kredibel, Di mata Indonesia juga kita menjadi percaya diri ternyata kita mampu mengelola event yang sangat luar biasa di mana dihadiri oleh kepala kepala negara,” sambungnya.

Kesuksesan acara G20 itu terlihat, kata Emrus, dari pujian yang dilontarkan oleh sejumlah kepala negara yang hadir kepada Presiden Jokowi. Mulai dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, hingga Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahya (MBZ).

“Coba lihat kepala kepala negara melihat mereka nyaman senyum mereka bahagia mereka bisa aman luar biasa, saya terus terang mengatakan ini bukan pekerjaan satu hari,” ucapnya.

Menurut Emrus, posisi Indonesia yang menganut prinsip kebijakan politik luar negeri bebas aktif dapat merangkul semua negara tanpa memihak kepada salahsatu kepentingan sehingga tidak mempunya beban ketika berhadapan dengan negara-negara yang sedang bertikai seperti Rusia dan Ukraina.

“Kita ambil contoh bukankah dia berkunjung ke Ukraina juga bertemu dengan Presiden Ukraina bertemu juga dengan Presiden Rusia, jadi dia tidak berpihak tetapi dia menawarkan perdamaian kan menghentikan perang maju ke meja perundingan,” terang Emrus.

Usai G20, kini, Indonesia menerima keketuan ASEAN dari Kamboja dan menjadi Ketua ASEAN pada 2023. Emrus mengatakan hal itu menjadi kesempatan yang bagus atau peluang yang bagus untuk berperan di kawasan Asia Tenggara.

“Jadi ini kesempatan yang luar biasa yang harus dimanfaatkan di semua bidang terutamanya di bidang bisnis atau perekonomian saat di G20 dan pengaruh kita di dalam semua kontrak sosial termasuk politik dan geopolitik di Asia tenggara (ASEAN),” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan menerangkan posisi Indonesia saat ini di kancah percaturan global ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan Musyawarah Nasional ke1-7 HIPMI di Surakarta.

Presiden Jokowi menjelaskan kalau Indonesia saat ini berada di puncak kepemimpinan global yang disegani dunia.

"Ini adalah sebuah amanat dan kehormatan besar dan betul-betul kita berada di puncak kepemimpinan global saat ini karena kita sekaligus sekarang ini juga sebagai ketua ASEAN," ujar Jokowi.

Menurutnya, kepercayaan menjadi presidensi G20 tahun ini tidak mudah diperoleh. Jokowi menekankan pentingnya untuk menjaga kepercayaan.

"Kalau kita jadi pengusaha yang kita bangun adalah kepercayaan orang terhadap kita. Ini sebagai negara kita juga membangun kepercayaan internasional, kepercayaan global, kepercayaan negara lain terhadap Indonesia. Ini yang tidak mudah, ini yang tidak mudah," tukas Presiden Jokowi. (RO/OL-1)

Baca Juga

AFP

Gedung Putih Kecam Donald Trump yang Bertemu Supremasi Kulit Putih

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 27 November 2022, 14:16 WIB
Dalam agenda makan malam yang berlangsung di Mar-a-Lago, Donald Trump diketahui turut mengundang Kanye West, yang belakangan tergabung...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...
AFP/YURIY DYACHYSHYN

Ukraina Keluhkan Krisis Energi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 10:43 WIB
"Sampai malam ini, pemadaman listrik berlanjut di sebagian besar wilayah (Ukraina) dan di Kyiv. Secara total, lebih dari enam juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya