Jumat 18 November 2022, 17:34 WIB

Bertemu Chief Executive Hong Kong, Jokowi Bahas Isu Perdagangan dan Perlindungan WNI

Indriyani Astuti | Internasional
Bertemu Chief Executive Hong Kong, Jokowi Bahas Isu Perdagangan dan Perlindungan WNI

Antara
Presiden Jokowi saat bersiap memberi keterangan pers di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

 

PRESIDEN Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Chief Executive Daerah Adminitrasi Khusus Hong Kong John Lee di sela pertemuan pemimpin ekonomi APEC di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Jumat (18/11), Jokowi, sapaan akrabnya, membahas tiga isu utama, yaitu kerja sama perdagangan, investasi dan perlindungan WNI di Hong Kong.

“Saya melihat banyak potensi yang dapat digarap, khususnya dengan Hong Kong, untuk mewujudkan kerja sama perdagangan yang seimbang. Akses produk Indonesia dapat diperluas, termasuk perikanan, makanan olahan dan rempah-rempah,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi Bertemu PM Selandia Baru Bahas Kerja Sama dan Investasi

Menurutnya, Hong Kong memiliki potensi sebagai entry point ekspor Indonesia ke dataran Tiongkok. Di bidang Investasi, Presiden mengundang para investor Hong Kong, sebagai salah satu sumber investasi terbesar Indonesia, untuk mendukung pembangunan IKN sebagai Green City.

“Investor Hong Kong dapat turut mengembangkan infrastruktur, transportasi, green energy, transformasi digital dan value added industries,” imbuh Jokowi.

Baca juga: AS Kucurkan US$20 Miliar untuk Pensiunkan PLTU RI

Terkait isu perlindungan WNI di Hong Kong, pihaknya menyampaikan apresiasi atas bantuan dan fasilitas kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, terutama selama pandemi covid-19.

Adapun Chief Executive Hong Kong John Lee mengucapkan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam G20, yang mendapat sambutan baik dunia. Hong Kong juga akan berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP

13.000 Tentara Ukraina Tewas Selama Invasi Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:52 WIB
Selain masih harus membendung serangan militer Rusia di sejumlah wilayah, tentara Ukraina juga berjuang di tengah cuaca yang semakin...
Robyn Beck / AFP

Kemlu Belum Pastikan Kedatangan Duta LGBTI+

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:44 WIB
Menurut dia, Kemlu belum dapat memberikan informasi mengenai kepastian kedatangan utusan AS...
AFP

Biden Siap Berdialog dengan Putin

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 02 Desember 2022, 11:13 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku bersedia berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengakhiri perang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya