Rabu 16 November 2022, 09:21 WIB

Indonesia Banjir Pujian Dalam Penyelenggaraan KTT G20

Insi Nantika Jelita | Internasional
Indonesia Banjir Pujian Dalam Penyelenggaraan KTT G20

ANTARA/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pemimpin dunia lainnya menghadiri salah satu sesi KTT G20.

 

PARA tamu negara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 memuji penyelenggaraan konferensi dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Pujian itu datang dari Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach ketika menghadiri jamuan makan siang di Bamboo Dome di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11). Ia menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan KTT G20.

Menurutnya, tema KTT G20 Recover Together, Recover Stronger sesuai dengan motto baru IOC yakni Faster, Higher, Stronger, Together. 

Baca juga: Presiden Gelar Jamuan Santap Malam bagi Para Pemimpin G-20

“Motto G20 secara sempurna menggemakan motto baru Olimpiade,” kata Bach dikutip siaran pers Kemenko Marves, Rabu (16/11).

Ucapan salut atas kepemimpinan Indonesia pada G20 juga disampaikan Sekretaris Jenderal PBB (PBB) António Guterres. Menurutnya, Indonesia berhasil mendorong dialog di antara negara G20 terkait ketegangan geopolitik yang memicu gejolak ekonomi.

"Saya mengagumi apa yang sudah dilakukan Indonesia sebagai (pemegang tampuk) Presidensi G20, di bawah Presiden Joko Widodo," kata Guterres.

Pujian juga disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menilai Presiden Joko Widodo mampu mendorong dialog penting guna kepentingan seluruh warga dunia.

Biden memberikan gestur hormat dengan mengangkat tangan kanan sejajar kening ketika menemui Presiden Jokowi saat tiba di The Apurva Kempinski, lokasi penyelenggaraan KTT G20, Senin (14/11).

Lewat Instagram resmi @POTUS berharap dapat terus bekerja sama dengan Indonesia dalam melestarikan aturan berbasis sistem dan kepentingan internasional yang berpegang pada hak asasi manusia. 

"Indonesia adalah rekan yang aktif dan krusial bagi Amerika Serikat," terang Biden.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo atas perannya dalam Presidensi G20. Keduanya telah bertemu di The Apurva Kempinski, Senin siang (14/11).

“Saya ingin terus bekerja sama dengan Indonesia dalam menangani isu-isu di kawasan serta isu-isu baru di (tingkat) global, termasuk upaya dalam mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Fumio.

Pemerintah Rusia, melalui Kementerian Luar Negeri juga menyuarakan rasa hormatnya atas Presidensi Indonesia pada G20 karena membawa pesan pemersatu.

"Kami menyambut baik pendekatan konstruktif kepemimpinan Indonesia saat ini untuk memajukan agenda pemersatu di bawah motto pemulihan ekonomi global pascakrisis," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, Kamis (10/11).

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese melalui akun Instagram pribadinya @albomp, Senin (14/11), menyebut Indonesia sebagai teman yang memiliki kesamaan pandangan terhadap perdamaian serta kemakmuran Indo-Pasifik.

Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab dalam pidato turut menyampaikan apresiasi atas kinerja Presiden Joko Widodo dalam menyelenggarakan forum internasional tersebut.

"Presiden Joko Widodo tidak cuma pemimpin bagi rakyat Indonesia, tapi juga pemimpin yang punya visi global yang mempromosikan kedamaian dunia serta kesejahteraan," ucapnya.

Sebelum pelaksanaan KTT G20, sejumlah pujian juga telah diterima Indonesia. Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva, Minggu (17/7) mengapresiasi Presidensi G20 Indonesia karena mendorong diskusi serta sinergitas di tengah ketidakpastian global. (OL-1)

Baca Juga

AFP

Gedung Putih Kecam Donald Trump yang Bertemu Supremasi Kulit Putih

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 27 November 2022, 14:16 WIB
Dalam agenda makan malam yang berlangsung di Mar-a-Lago, Donald Trump diketahui turut mengundang Kanye West, yang belakangan tergabung...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...
AFP/YURIY DYACHYSHYN

Ukraina Keluhkan Krisis Energi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 10:43 WIB
"Sampai malam ini, pemadaman listrik berlanjut di sebagian besar wilayah (Ukraina) dan di Kyiv. Secara total, lebih dari enam juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya