Senin 14 November 2022, 16:46 WIB

Jokowi Minta Dukungan PM Kishida untuk Selesaikan IJEPA

Andhika Prasetyo | Internasional
Jokowi Minta Dukungan PM Kishida untuk Selesaikan IJEPA

Antara
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan PM Jepang Fumio Kishida.

 

DI depan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penyelesaian Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). 

Adapun perjanjian kerja sama tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi, yang diyakini akan memberi manfaat besar bagi kedua belah pihak.

“Kinerja kerja sama ekonomi kita memang sudah cukup baik. Tapi, saya yakin kinerja ini akan dapat lebih baik lagi, jika kita dapat selesaikan IJEPA,” ujar Jokowi, sapaan akrabnya, dalam pertemuan bilateral dengan PM Jepang, Senin (14/11).

Baca juga: Presiden Jokowi dan PM Jepang Lakukan Pertemuan Bilateral

Pada pertemuan tersebut, Jokowi juga menyinggung soal pembangunan proyek infrastruktur yang dikerjakan kedua negara. Dirinya mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman kelanjutan MRT fase 1 pada hari ini, serta kerja sama studi MRT fase 3 pada akhir Oktober lalu.

“Saya harapkan dukungan Yang Mulia agar proyek MRT bisa selesai tepat waktu,” imbuhnya.

Kerja sama di kawasan juga menjadi hal yang diperbincangkan dalam pertemuan bilateral. Jokowi menyebut keketuaan ASEAN oleh Indonesia bertepatan dengan peringatan 50 tahun ASEAN-Jepang. 

Baca juga: Dianugerahi Global Citizen Award, Jokowi: Saya Hanya Bekerja Sebaik Mungkin

Lebih lanjut, dirinya menggarisbawahi pentingnya upaya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan, serta membangun industri hijau di kawasan. “Saya mendorong implementasi konkret sinergi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dengan Free and Open Indo-Pacific (FOIP)," tutur Jokowi.

"Tahun depan, Indonesia juga akan mendorong engagement negara-negara Pasifik dengan ASEAN. Indonesia juga ingin mengajak Jepang mempererat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik," sambungnya.(OL-11)

Baca Juga

RONALDO SCHEMIDT / AFP

Salju Hambat Tentara Ukraina, Zelensky Mengeluh ke NATO

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 30 November 2022, 18:30 WIB
Staf Umum Ukraina mengatakan pada pasukannya telah memukul mundur enam serangan Rusia dalam 24 jam terakhir di wilayah Donbas...
Ist

Ketua BPK Isma Yatun Terpilih Jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:12 WIB
Ketua BPK RI, Isma Yatun, terpilih sebagai Ketua Panel Auditor Eksternal PBB (Chair of Panel of External Auditors of the United...
AFP/Thomas Coex

Emmanuel Macron Siap Bahas Ukraina dan Perdagangan dengan Biden

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 November 2022, 13:44 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba di Washington pada hari Selasa (29/11) untuk kunjungan kenegaraan pertama kepresidenan Joe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya