Minggu 13 November 2022, 15:55 WIB

Indonesia Resmi Jadi Ketua ASEAN 2023

Andhika Prasetyo | Internasional
Indonesia Resmi Jadi Ketua ASEAN 2023

Ant/Hafidz
residen Joko Widodo (kanan) menerima palu dari PM Kamboja Hun Sen saat upacara penutupan Konferensi KTT Asean sekaligus penyerahan keketuaan

 

INDONESIA resmi menjadi Ketua ASEAN 2023 setelah menerima estafet keketuaan dari Kamboja. Penyerahan keketuaan itu berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Phnom Penh, Minggu (13/11).

Secara simbolis, Presiden Jokowi menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi pemimpin ASEAN selanjutnya.

"Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” ujar Jokowi.

Kepala Negara menekankan, di masa mendatang, ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil, damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia. Kawasan juga harus konsisten menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proksi siapapun.

“ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Presiden juga menginginkan ASEAN untuk menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Peningkatan kapasitas institusi juga menjadi perhatian supaya mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan.

Presiden berharap, pada 2045, ASEAN harus lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.

“Semua itu harus diperjuangkan dengan menjadi konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya,” sambung Jokowi.

Di akhir sambutannya, Presiden mengundang seluruh pemimpin ASEAN untuk hadir pada KTT ASEAN di Indonesia tahun depan. “Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia tahun depan,” ucap Presiden Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam upacara penutupan KTT ASEAN Kamboja yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (OL-13)

Baca Juga: Kemitraan Strategis ASEAN-AS Diharapkan Jadi Solusi Atasi Permasalahan Global

Baca Juga

AFP

Aksi Protes Kebijakan Covid-19 Meluas di Wilayah Tiongkok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 28 November 2022, 21:30 WIB
Dalam beberapa hari terakhir, warga di sejumlah wilayah Tiongkok memprotes kebijakan pembatasan ketat akibat kenaikan kasus...
Ist

Kunjungan ke Bangkok, Delegasi DPD RI Soroti Kemajuan Pertanian Thailand

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 19:35 WIB
Sektor pertanian Thailand merupakan sektor prioritas yang langsung ditetapkan oleh Raja Thailand, Maha...
Ist/DPR

Bertemu Raja Sihamoni, Puan Berbagi Kenangan Masa Lalu RI-Kamboja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 18:09 WIB
Saat Puan datang, ia langsung diajak Raja Kamboja, Norodom Sihamoni ke ruang tamu kerajaan dan keduanya berbincang hangat cukup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya