Sabtu 12 November 2022, 12:21 WIB

Tak Gentar Usai Ditembak, Khan Kembali Beraksi

Cahya Mulyana | Internasional
Tak Gentar Usai Ditembak, Khan Kembali Beraksi

AFP/Carl Court
Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan.

 

Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan meminta kepada para pendukungnya untuk terus melakukan demo menentang pemerintah. Dirinya akan terus mendampingi para pendukungnya meskipun sempat menjadi sasaran penembakan.

Kaki mantan atlet kriket berusia 70 tahun itu terluka usai ditembak saat mengikuti konvoi di Islambad pada Kamis (3/11). Khan kehilangan jabatan perdana menteri di tengah frustasi publik pada inflasi yang tinggi.

Khan menyampaikan pidato di depan beberapa pekerja menggelar protes anti-pemerintah di kota timur Wazirabad. Kota yang sama saat dirinya menjadi sasaran penembakan yang juga menewaskan satu orang dan melukai sembilan orang lain. "Pawai kami ini tidak akan berhenti," kata Khan.

Khan juga mengatakan tidak ada yang bisa menghalanginya untuk kembali berkuasa. Dia akan bergabung dengan pawai protes di kota Garnisun Rawalpindi, berdekatan dengan Islamabad, dalam beberapa hari ke depan. "Saya tidak akan mundur selama saya masih hidup," imbuhnya.

Penggantinya, Perdana Menteri, Shehbaz Sharif telah menolak permintaan tersebut, dengan mengatakan pemilihan akan diadakan sesuai jadwal akhir tahun depan.

Sebuah laporan polisi yang dirilis pekan lalu mengatakan seorang pria yang diidentifikasi sebagai Mohammad Naveed bertindak sendirian ketika dia mengeluarkan pistol dan mulai menembak.

Dia mengatakan serangan itu direncanakan dengan baik. Dia tidak memberikan bukti untuk mendukung klaimnya, tetapi sempat mengetahui akan ada serangan terhadap dirinya.

Menteri Dalam Negeri Pakistan, Rana Sanaullah mengatakan penembakan itu bermotif sentimen agama. Namun Khan menuduh bahwa Sanaullah, Sharif dan seorang jenderal militer Pakistan dari agen mata-mata negara itu, Inter Services Intelligence (ISI) dalang di balik serangan tersebut. (CNA/OL-12)

Baca Juga

Ist

17 ABK Indonesia Selamat Usai Kapal Dibajak

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 06 Desember 2022, 10:03 WIB
Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) berpaspor Indonesia bersama dengan 2 lainnya asal Korea Selatan selamat dari pembajakan Kapal Tanker...
AFP

Usai Pemilihan Ulang, Demokrat Kuasai Senat AS

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:30 WIB
Kepastian itu muncul setelah Senator Demokrat Catherine Cortez Masto memenangkan pemilihan ulang di...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Rusia Klaim Batas Harga Minyak tidak akan Ganggu Pembiayaan Perang Ukraina

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:19 WIB
“Rusia dan ekonomi Rusia memiliki kapasitas yang diperlukan untuk memenuhi sepenuhnya kebutuhan dan persyaratan operasi militer...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya