Kamis 10 November 2022, 10:30 WIB

Biden akan Bahas Soal Taiwan dengan Xi di Bali

Cahya Mulyana | Internasional
Biden akan Bahas Soal Taiwan dengan Xi di Bali

AFP/Mandel NGAN
Presiden AS Joe Biden

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan akan berdialog dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping tentang Taiwan di Bali. Pertemuan itu menjadi sejarah karena merupakan kali pertama bagi keduanya sejak menjabat sebagai presiden.

"Apa yang ingin saya lakukan dengannya ketika kita berbicara adalah menjelaskan seperti apa saja garis merah kita masing-masing, menyangkut Taiwan" kata Biden pada konferensi pers setelah pemilihan paruh waktu AS.

Biden mengatakan dia berusaha mengetahui apa yang dia yakini sebagai kepentingan nasional Tiongkok juga AS. 

Baca juga: AS Lawan Reunifikasi Tiongkok dengan Taiwan

"Kemudian untuk menentukan apakah mereka bertentangan satu sama lain atau tidak," tambahnya.

Jika ada konflik, Biden mengatakan dia berharap bekerja sama dalam menyelesaikannya. Biden dan Xi telah berbicara secara virtual sebagai presiden tetapi belum pernah bertemu secara langsung.

Kedua pemimpin saling mengenal dengan sangat baik. Pada 2011, saat Biden menjabat wakil presiden, dia pernah meluangkan waktu di Tiongkok bersama Xi. Sebelas tahun kemudian, ketegangan meningkat tajam karena persoalan Taiwan.

Biden bersikeras tidak ada perubahan dalam sikap AS tentang perlindungan untuk Taiwan jika diinvasi Tiongkok. 

"Doktrin Taiwan tidak berubah sama sekali sejak awal," kata Biden.

Ia menambahkan dia akan membahas Taiwan tetapi juga perdagangan dan hubungan Tiongkok dengan negara lain. Biden merasa lega karena Tiongkok tidak mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menginvasi Ukraina.

“Saya tidak berpikir ada banyak rasa hormat yang dimiliki Tiongkok untuk Rusia atau untuk Putin. Saya tidak berpikir mereka melihat itu sebagai aliansi tertentu. Sebenarnya, mereka agak menjaga jarak," terangnya.

Biden, seperti pendahulunya Donald Trump, telah mengidentifikasi Tiongkok sebagai pesaing global utama AS dan berjanji mengarahkan kembali kebijakan AS seputar tantangan tersebut.

Tetapi, pemerintahan Biden juga berjanji bekerja dengan Tiongkok untuk kepentingan bersama seperti perubahan iklim. Utusan iklim AS John Kerry secara singkat bertemu dengan rekannya dari Tiongkok Xie Zhenhua di KTT iklim COP27 di Mesir.

Tiongkok mengatakan akan menangguhkan dialog iklim sebagai bagian dari kemarahan setelah kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan, Agustus lalu. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Aksi Protes Kebijakan Covid-19 Meluas di Wilayah Tiongkok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 28 November 2022, 21:30 WIB
Dalam beberapa hari terakhir, warga di sejumlah wilayah Tiongkok memprotes kebijakan pembatasan ketat akibat kenaikan kasus...
Ist

Kunjungan ke Bangkok, Delegasi DPD RI Soroti Kemajuan Pertanian Thailand

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 19:35 WIB
Sektor pertanian Thailand merupakan sektor prioritas yang langsung ditetapkan oleh Raja Thailand, Maha...
Ist/DPR

Bertemu Raja Sihamoni, Puan Berbagi Kenangan Masa Lalu RI-Kamboja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 18:09 WIB
Saat Puan datang, ia langsung diajak Raja Kamboja, Norodom Sihamoni ke ruang tamu kerajaan dan keduanya berbincang hangat cukup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya