Rabu 09 November 2022, 23:22 WIB

Zelensky Ingin Isu Penculikan Anak-anak oleh Rusia Masuk Agenda G20

Cahya Mulyana | Internasional
Zelensky Ingin Isu Penculikan Anak-anak oleh Rusia Masuk Agenda G20

AFP
Perempuan Ukraina memeluk kedua anaknya

 

UKRAINA telah mengumpulkan ribuan laporan tentang anak-anak yang dibawa ke Rusia. Kyiv menginginkan isu ini menjadi bagian pembahasan pada pertemuan puncak KTT G20 di Bali.

"Ukraina ingin deportasi anak oleh Rusia diselidiki sebagai kejahatan perang. Federasi Rusia terus melakukan kejahatannya sehubungan dengan anak-anak Ukraina," kata Kepala Staf Presiden Volodymyr Zelensky, Andriy Yermak.

Yermak mengatakan diskusi tentang kembalinya anak-anak itu harus dimulai pada KTT G20 15-16 November di Indonesia, yang diperkirakan akan dihadiri Zelensky secara virtual. Utusan Amerika Serikat untuk PBB mengatakan pada awal September lebih dari 1.800 anak-anak dipindahkan dari wilayah Ukraina ke Rusia.

Terpisah, Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan medali tertinggi kepada pendeta yang tewas di Ukraina, Mikhail Vasilyev. Dia meninggal di Ukraina pada akhir pekan ini.

Imam agung itu sempat mengatakan kepada para perempuan untuk memiliki lebih banyak anak. Tujuannya supaya meringankan rasa sakit karena harus mengirim salah satu putra ke operasi militer di Ukraina.

Dia menerima medali Pahlawan Federasi Rusia pada atas keberanian dan kepahlawanan yang ditunjukkan dalam kinerja tugasnya. "Dia terbunuh pada Minggu (6/11) pagi di zona operasi militer khusus di Ukraina, saat melakukan tugas pastoral," kata Gereja Ortodoks dalam siaran pers. (AFP/OL-8)

Baca Juga

AFP

PBB: Warga Sipil Ukraina Hadapi Ujian Bertahan Hidup

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 07 Desember 2022, 19:20 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan, Martin Griffiths, merinci kepada Dewan Keamanan PBB bahwa jumlah kematian yang...
Antara

Indonesia-Selandia Baru Bahas Kerja Sama Jaminan Produk Halal

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:19 WIB
Wamenag berharap, kerja sama jaminan produk halal yang dilakukan dapat memberikan keuntungan bagi dua...
AFP/SPENCER PLATT

Gelombang PHK Menghantui AS

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:30 WIB
Bank of America Corp pun juga mulai memperlambat proses perekrutan. Morgan Stanley saat ini diperkirakan akan mulai memangkas tenaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya