Jumat 21 Oktober 2022, 14:26 WIB

Australia Janji Biaya Besar untuk Penempatan Polisi di Kepulauan Solomon

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Australia Janji Biaya Besar untuk Penempatan Polisi di Kepulauan Solomon

Peter Parks/AFP
Ilustrasi

 

Australia akan menyisihkan AUS$46 juta untuk mendanai pengerahan polisi di Kepulauan Solomon dalam anggaran minggu depan. Upaya ini bagian dari peningkatan pengeluaran di Pasifik yang dimaksudkan untuk menopang posisinya di kawasan itu saat Tiongkok mencari pengaruh yang lebih besar.

Kehadiran Tiongkok yang meningkat di Pasifik, termasuk memasuki pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon pada bulan April, telah menimbulkan kekhawatiran bagi Amerika Serikat (AS) dan sekutu Australia, yang selama beberapa dekade menilai kawasan itu sebagai sebagian besar wilayah pengaruh mereka.

"Bantuan kami akan membantu mitra regional kami menjadi lebih tangguh secara ekonomi dan memberikan keamanan mereka sendiri sehingga mereka tidak perlu memanggil orang lain," kata Menteri Luar Negeri Penny Wong pada hari Jumat, (21/10).

"Tanpa investasi ini, yang lain akan terus mengisi kekosongan," kata Wong, menyalahkan pemerintah koalisi konservatif sebelumnya, yang kalah dalam pemilihan Mei, karena kalah di Pasifik.

"Kami memiliki banyak hal yang harus dilakukan,"

"Bantuan tambahan akan memastikan pihaknya terus memberikan dukungan anggaran langsung untuk mengurangi tekanan fiskal, memastikan layanan pemerintah yang penting," kata Wong dalam pidato di konferensi Pacific Way di Universitas Polinesia Prancis.

Langkah itu dilakukan sehari setelah Australia dan Fiji menandatangani perjanjian untuk mengizinkan operasi militer di negara masing-masing dan perjanjian keamanan dengan Papua Nugini pekan lalu yang akan membuat personel pertahanan masing-masing bekerja lebih sering satu sama lain.

Pemerintah Partai Buruh Australia selama kampanye pemilihan telah menjanjikan peningkatan sebesar A$525 juta selama empat tahun dalam bantuan resmi ke Pasifik.

Pada hari Jumat, angka itu ditingkatkan menjadi A$900 juta, yang termasuk A$46 juta untuk polisi Kepulauan Solomon.

Anggaran tersebut juga akan bertujuan untuk membuat visa keterlibatan Pasifik baru bagi hingga 3.000 warga negara dari negara-negara kepulauan Pasifik dan Timor Leste setiap tahun untuk bermigrasi secara permanen ke Australia, kata Wong. (CNA/OL-12)

Baca Juga

AFP

Unggah Video Menari, Sepasang Kekasih Di Iran Harus Masuk Bui

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 00:26 WIB
PENGADILAN Iran menjatuhkan hukuman penjara masing-masing lebih dari 10 tahun kepada pasangan muda yang menari di depan salah satu landmark...
Wikipedia

Jet Tempur Legendaris J-7 Milik Tiongkok Resmi Pensiun Tahun Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:09 WIB
Jumlah J-7 di dunia saat ini diperkirakan mencapai 2.400 unit, yang tersebar di wilayah Asia, Timur Tengah, dan...
AFP/Oli Scarff.

Inggris Bersiap Hadapi Aksi Mogok Kerja Terbesar

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:26 WIB
Para pemimpin serikat pekerja memperkirakan hingga 500.000 orang akan ikut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya