Kamis 29 September 2022, 05:45 WIB

Cristoforetti, Perempuan Eropa Pertama yang Jadi Komandan ISS

Basuki Eka Purnama | Internasional
Cristoforetti, Perempuan Eropa Pertama yang Jadi Komandan ISS

AFP/Gregg Newton
Astronaut Italia Samantha Cristoforetti (tengah).

 

ASTRONAUT Italia Samantha Cristoforetti, Rabu (28/9), mencetak sejarah dengan menjadi perempuan Eropa pertama yang menjadi komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dalam sebuah upacara yang disiarkan langsung dari luar angkasa.

Pendahulu Cristoforetti, kosmonaut Oleg Artemyev, dalam salam perpisahannya, mengacu pada konflik di Ukraina dengan mengatakan, "Meski di Bumi tengah terjadi badai, kerja sama internasional kita tetap berjalan."

Dalam upacara yang berjalan santai, Artemyev memberikan Cristoforetti kunci emas, yang menjadi simbol bahwa astronaut perempuan itu kini menjadi pemimpin ISS hingga waktunya dia kembali ke Bumi pada 10 Oktober mendatang.

Baca juga: Di Tengah Perang Ukraina, Astonaut AS dan Kosmonaut Bertolak ke ISS

Cristoforetti, astronaut berusia 45 tahun yang merupakan mantan pilot pesawat tempur, tiba untuk misi keduanya di ISS, April lalu.

Dia memegang rekor sebagai perempuan dengan durasi terlama berada di luar angkasa setelah menghabiskan waktu 199 hari di orbit antara 2014 dan 2015.

Dia menjadi perempuan kelima, pertama dari luar Amerika Serikat (AS), yang menjadi komandan ISS sejak posisi itu dibentuk pada 2000.

ISS, yang menjadi simbol perbaikan hubungan AS dan Rusia pasca-Perang Dingin, berada dalam posisi sulit sejak Moskow menginvasi Ukraina, Februari lalu.

Moskow yang tidak terima dengan berbagai sanksi yang dijatuhkan AS atas invasi mereka memutus sejumlah hubungan dengan 'Negeri Paman Sam' itu, dan ISS merupakan salah satu area kerja sama yang masih berlangsung antara kedua pihak. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Riset Mahasiswa UKI Ungkap 2/3 Populasi Anak-anak di Ukraina Berada di Pengungsian Negara Tetangga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 10:08 WIB
Berdasarkan temuan terbaru sekitar dua pertiga populasi anak-anak Ukraina kini tengah mencari tempat pengungsian di negara tetangga...
Medcom

Iran Mulai Eksekusi Mati Demonstran

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 09:45 WIB
Mohsen Shekari, 23, dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati karena memblokade jalan dan melukai seorang petugas paramiliter di masa...
Telegraph

Prancis Gratiskan Kondom untuk Warga Usia 18-25 Tahun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 09:30 WIB
Kebijakan itu diambil pemerintah Prancis dalam upaya mencegah kehamilan tidak diinginkan di kalangan kaum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya