Selasa 27 September 2022, 14:51 WIB

Ma'ruf Amin berikan Penghormatan Terakhir untuk Shinzo Abe

Mediaindonesia | Internasional
Ma

ANTARA/BPMI Sekretariat Wakil Presiden
Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin, beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menghadiri pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

 

WAKIL Presiden, KH Ma'ruf Amin, beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin mewakili pemerintahan Indonesia untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Keduanya menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan untuk Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, hari ini.

Sekitar pukul 13.45 waktu setempat, Ma'ruf dan Ibu Wury tiba di tempat acara, prosesi pemakaman kenegaraan dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat.

Prosesi diawali dengan pemberian sambutan dari Wakil Ketua Panitia Pelayanan Pemakaman dan dilanjutkan dengan pengumandangan lagu kebangsaan Jepang, Kimigayo. Setelah itu, Ma'ruf beserta seluruh peserta prosesi pemakaman mengheningkan cipta sejenak pada saat hening serta menyaksikan penayangan cuplikan video mendiang Abe.

Pada kesempatan itu, dia juga turut menyaksikan pemberian ucapan belasungkawa dari para pejabat pemerintah Jepang dan penghormatan yang dilakukan oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako beserta Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Michiko.

Baca juga: Jepang Kecam Rusia atas Penahanan Diplomatnya

Pada akhir prosesi, Wapres dan Ibu Wury meletakkan karangan bunga dan memberikan penghormatan terakhir pada mendiang Abe yang terkenal dengan beleid ekonominya, Abenomics.

Urutan peletakan karangan bunga untuk para pejabat asing adalah Presiden Palau, Surangel S Whipps Jr, Presiden Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, Wakil Presiden Filipina, Sara Duterte-Carpio, dan Istri Presiden Kolombia, Verónica Alcocer García.

Abe meninggal dunia pada 8 Juli 2022 dalam usia 67 tahun setelah ditembak saat ia tengah berpidato di Nara, Jepang, pada hari yang sama. Nara merupakan salah satu ibukota lama Jepang.

Ia ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat dan langsung tak sadarkan diri dengan bersimbah darah.

Tidak lama setelah peristiwa berdarah itu, petugas berhasil menangkap pelaku di lokasi kejadian, seorang pria bersenjata bernama Tetsuya Yamagami (41), bekas anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

Abe menjabat selama hampir sembilan tahun (periode 2006-2007, 2012-2014, 2014-2017 serta 2017-2020) sebagai perdana menteri Jepang. Ia mengundurkan diri pada 2020 karena alasan kesehatan. (Ant/OL-4)

Baca Juga

UGC / AFP

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran Mahsa Amini

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:40 WIB
Menurut dia eksekusi ini harus memiliki konsekuensi bagi Iran yang setimpal dari masyarakat dunia. Kantor berita Iran Mizan melaporkan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya