Sabtu 10 September 2022, 17:25 WIB

Charles III Diproklamirkan Sebagai Raja Inggris

Cahya Mulyana | Internasional
Charles III Diproklamirkan Sebagai Raja Inggris

Jonathan Brady / POOL / AFP
King Charles III memberikan pidato saat proklamasinya sebagai raja inggris

 

PRESIDEN Dewan Aksesi, Penny Mordaunt, membacakan proklamasi untuk Raja Charles III dan kematian Ratu Elizabeth II di Istana St Jame's, pada Sabtu (10/9). Prosesi ini dihadiri 200 anggota Aksesi, Pangeran William, Perdana Menteri Inggris, Liz Truss dan lainnya.

Berikut teks proklamasinya. "Tuanku, betapa sedih saya harus memberitahukan bahwa Yang Mulia Ratu telah meninggal dunia. Kamis, 8 September 2022. Dengan kematiannya, mahkota Kerajaan Inggris Raya, Inggris, dan Irlandia Utara diberikan kepada Pangeran Charles Philip Arthur George."

"Oleh karena itu kami para Lord, spiritual dan temporal dan anggota House of Commons bersama dengan anggota lain dari mendiang Yang Mulia, Council Privy, dan perwakilan dari Realms, dan wilayah, anggota dewan, dan warga London, sekarang, dengan ini dengan satu suara dan persetujuan lisan dan hati menerbitkan dan memproklamasikan bahwa Pangeran Charles Philip Arthur George menjadi satu-satunya penguasa kami yang sah sebagai Raja Charles III dari Kerajaan Inggris Raya, Inggris, dan Irlandia Utara, dan dari Wilayah wilayahnya yang lain, Raja, kepala pembela kepercayaan persemakmuran."

"Kepada siapa kami mengakui semua iman dan ketaatan dengan kasih sayang yang rendah hati. Memohon kepada Tuhan limpahkan berkah untuk memberkati Yang Mulia dengan tahun-tahun yang panjang dan bahagia untuk Memerintah Kami. God save The King."

Setelah itu, Pangeran Charles menandatangani dokumen proklamasi tersebut. Berikut tugas dan kewajibannya sebagai seorang raja. (The Guardian/CNN/OL-4)

Baca Juga

AFP/Delil Souleiman.

Presiden Iran Bersumpah Tindakan Tegas pada Gelombang Protes Perempuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 18:00 WIB
Raisi menyebut protes itu sebagai kerusuhan dan mendesak tindakan tegas terhadap penentang keamanan dan perdamaian negara dan...
AFP.

Pejuang Palestina Tewas oleh Pasukan Israel di Tepi Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:35 WIB
Pasukan Israel membunuh seorang militan Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Minggu (25/9). Sumber-sumber Palestina mengatakan...
Stephanie Keith/Getty Images/AFP

Menlu Rusia: Wilayah Ukraina yang Gabung Rusia Dilindungi Penuh

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 25 September 2022, 17:17 WIB
Menlu Rusia, Sergey Lavrov mengatakan setiap wilayah Ukraina yang bergabung dengan negaranya akan mendapatkan perlindungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya