Jumat 09 September 2022, 10:54 WIB

Istana Gyeongbok Korea Jadi Pilihan Gucci Untuk Peragaan Busana

Mediaindonesia.com | Internasional
Istana Gyeongbok Korea Jadi Pilihan Gucci Untuk Peragaan Busana

unsplash.com/Julien Tondu
Iliustrasi: Butik Gucci di Paris, Prancis

 

Jenama mode mewah Gucci mengumumkan pihaknya akan menggelar peragaan busana pada November mendatang di Istana Gyeongbok, sebuah istana kerajaan di Korea Selatan yang dibangun pada era Dinasti Joseon (1392-1910).

"Kami akan mempersembahkan koleksi Gucci 'Cosmogonie' di Istana Gyeongbok Seoul pada 1 November,” kata perusahaan itu, mengutip laporan Yonhap yang disiarkan pada Kamis (8/9) waktu setempat.

Peragaan busana ditetapkan sesuai rencana yang telah digagas sebelumnya. Kabar tersebut diumumkan setelah lebih dari seminggu seorang sumber di Administrasi Warisan Budaya (CHA) sempat menyebutkan bahwa peragaan busana dibatalkan menyusul kontroversi yang muncul atas pemotretan busana di Cheong Wa Dae.

Sebelumnya, CHA mendapat kecaman karena mengizinkan majalah mode Vogue Korea untuk mengadakan sesi foto di dalam kompleks bersejarah itu, beberapa di antaranya menunjukkan model berpose sensual dalam gaun flamboyan. Foto menuai kritik karena dianggap merusak martabat bangsa.

Pejabat di CHA mengatakan mereka mempertimbangkan untuk tidak mencabut acara peragaan busana yang telah memperoleh persetujuan dari panel penasehat administrasi yang bertanggung jawab untuk menyaring aplikasi untuk penggunaan aset budaya negara.

Menurut rencana peragaan busana yang diumumkan bulan lalu, Gucci mengajukan permohonan penggunaan Istana Gyeongbok untuk mempresentasikan koleksi terbaru rancangan Direktur Kreatif Gucci Alessandro Michele yang terinspirasi oleh rasi bintang.

Dijuluki "Cosmogonie", koleksi busana pertama kali diluncurkan pada Mei lalu di Castel del Monte Italia, sebuah kastil abad ke-13 yang terletak di pedesaan Puglia yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Perusahaan mode itu juga telah mengajukan rencana untuk mempromosikan nilai sejarah Istana Gyeongbok "sebagai situs di mana astronomi kelas dunia dipelajari" dan tema koleksi busana melalui pertunjukan baru, yang disetujui CHA dengan syarat fakta sejarah harus diverifikasi dengan bantuan para ahli. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/ANDREAS SOLARO

Meloni Tegaskan Italia Terus Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 September 2022, 16:18 WIB
Dia juga menulis dalam akun Twiter-nya akan meningkatkan kerja sama antara Italia dengan...
AFP

AS Desak PBB Batalkan Hasil Referendum 4 Wilayah Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 28 September 2022, 14:32 WIB
AS diketahui tengah mempersiapkan sanksi terbaru terhadap Rusia. Dalam hal ini, jika pemerintahan Vladimir Putin tetap mencaplok empat...
AFP/NHAC NGUYEN

Vietnam Peringatkan Banjir saat Topan Noru Menerjang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 September 2022, 14:10 WIB
Gedung-gedung tinggi berguncang dan angin kencang menumbangkan pohon sekaligus merobek atap rumah di seluruh wilayah tengah. Pemadaman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya