Selasa 30 Agustus 2022, 20:19 WIB

Warga Israel dan Palestina Terluka dalam Penembakan di Tepi Barat

Mediaindonesia.com | Internasional
Warga Israel dan Palestina Terluka dalam Penembakan di Tepi Barat

AFP/Jaafar Ashtiyeh.
Asap mengepul saat warga Palestina melemparkan batu ke kendaraan tentara Israel selama bentrokan di kota Rujayb, timur Nablus, Tepi Barat.

 

WARGA Palestina menembaki orang-orang Yahudi Israel yang menyelinap ke kota Tepi Barat yang diduduki untuk mengunjungi suatu tempat suci. Menurut tentara Israel dan sumber-sumber medis mengatakan, Selasa (30/8), penembakan itu melukai dua dari mereka.

Insiden di Nablus diikuti oleh serangan militer Israel yang tidak terkait di dekatnya. Akibatnya, empat warga Palestina ditembak.

Tentara mengatakan penembakan sebelumnya terjadi ketika, "Sejumlah warga sipil memasuki Nablus." Orang-orang Israel menuju ke Makam Yusuf, yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir dari patriark alkitabiah Yusuf, titik nyala kekerasan di Tepi Barat, dan dihormati sebagai tempat suci.

Tentara Israel mengamankan ziarah bulanan ke makam, tetapi melarang warga sipil masuk sendiri. "Ketika berada di sana, mereka ditembak dan terluka," kata tentara. Lantas tentara memasuki kota untuk menyelamatkan mereka.

Kendaraan Israel dibakar oleh warga Palestina, kata seorang reporter AFP. Situasi di kota itu tetap tegang beberapa jam setelah peristiwa itu.

Baca juga: Sembilan Negara Eropa Prihatin Israel Serang LSM Palestina

Dua pria terluka dan dirawat di rumah sakit di Israel tengah, kata juru bicara pusat medis Rabin dan juru bicara rumah sakit Sheba kepada AFP. Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang Enam Hari pada 1967 ketika Israel merebut wilayah itu dari Yordania.

Dalam insiden yang menurut militer tidak terkait dengan penembakan di Makam Yusuf, bentrokan meletus di timur Nablus pada Selasa pagi ketika pasukan keamanan Israel menggerebek suatu rumah. "Tentara menggunakan sarana termasuk rudal yang ditembakkan dari bahu ke gedung tempat dua buronan itu dibarikade," kata militer dalam suatu pernyataan.

Tembakan keras terdengar di sekitar rumah-rumah di desa Rujib, kata seorang koresponden AFP. Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan petugas medis merawat empat orang karena luka tembak. Tentara Israel mengatakan mereka menyita senjata dan menahan dua orang dalam serangan itu yang diduga melakukan penembakan di Tepi Barat. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Peter PARKS

Hong Kong dan Taiwan Cabut Kewajiban Karantina bagi Pendatang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:45 WIB
Kewajiban tes PCR 48 jam sebelum penerbangan ke Hong Kong akan diganti dengan tes antigen cepat, demikian pernyataan pers Kepala Eksekutif...
AFP

Banjir Mengerikan di Pakistan Tanda Krisis Iklim Global

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 17:15 WIB
Hujan monsun yang belum pernah terjadi sebelumnya membanjiri sepertiga negara itu menewaskan hampir 1.600 orang dan menggusur lebih dari...
AFP

Protes Kematian Mahsa Amini di Iran Kembali Bergejolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 17:00 WIB
Iran telah memberlakukan pembatasan ketat pada penggunaan internet dalam upaya untuk menghambat pengunjuk rasa berkumpul dan menghentikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya