Jumat 19 Agustus 2022, 23:01 WIB

AS Prihatin dengan Penutupan LSM Palestina oleh Israel

Mediaindonesia.com | Internasional
AS Prihatin dengan Penutupan LSM Palestina oleh Israel

AFP/Stefani Reynolds.
Ned Price.

 

WASHINGTON mengatakan pada Kamis (18/8) bahwa pihaknya prihatin dengan penutupan paksa oleh pemerintah Israel terhadap beberapa LSM Palestina yang beroperasi di Tepi Barat yang diduduki. Militer Israel mengumumkan pada hari sebelumnya bahwa mereka melakukan serangan semalam terhadap tujuh organisasi di Ramallah, kota Tepi Barat, tempat markas Otoritas Palestina berada.

Enam dari organisasi Palestina dicap Oktober lalu sebagai organisasi teroris oleh Israel karena dugaan hubungan mereka dengan kelompok militan kiri Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP), meskipun pejabat Israel belum secara terbuka membagikan bukti hubungan tersebut. Semua LSM membantah memiliki hubungan dengan PFLP, yang oleh banyak negara barat telah ditetapkan sebagai kelompok teroris.

Baca juga: Delegasi Israel Kunjungi Indonesia pada Akhir Juli

"Kami prihatin dengan penutupan enam kantor LSM Palestina di dan sekitar Ramallah oleh pasukan keamanan Israel hari ini," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price pada konferensi pers. "Kami tidak mengubah posisi atau pendekatan kami terhadap organisasi-organisasi ini," kata Price, meskipun dia mencatat bahwa Washington tidak mendanai salah satu dari mereka.

"Kami tidak melihat apa pun dalam beberapa bulan terakhir untuk mengubah (posisi kami)" tambahnya. Para pejabat AS telah menghubungi rekan-rekan Israel mereka di tingkat senior untuk mendapatkan informasi tambahan, yang telah dijanjikan Israel untuk diberikan, menurut Price.

Baca juga: Pasukan Israel Gerebek Kantor Kelompok HAM Palestina yang Dicap Teroris

Organisasi ketujuh yang digerebek oleh Israel pada Kamis, Komite Kerja Persatuan Kesehatan, dilarang oleh Israel untuk bekerja di Tepi Barat pada 2020. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/Qnet

FinGreen, Program Literasi Keuangan untuk Berdayakan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 17:44 WIB
Turki dan Nigeria dijadikan tempat percontohan dimulainya FinFreen, dan memiliki rencana untuk menerapkan FinFreen di beberapa tempat...
AFP

AS Kembali Kucurkan Bantuan untuk Ukraina, Nilainya CapaiĀ US$12 Miliar

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 27 September 2022, 15:41 WIB
Selain menyangkut kekuatan militer, bantuan tersebut juga bertujuan mengatasi kebutuhan warga sipil Ukraina di tengah gempuran invasi...
ANTARA/BPMI Sekretariat Wakil Presiden

Ma'ruf Amin berikan Penghormatan Terakhir untuk Shinzo Abe

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 September 2022, 14:51 WIB
Prosesi diawali dengan pemberian sambutan dari Wakil Ketua Panitia Pelayanan Pemakaman dan dilanjutkan dengan pengumandangan lagu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya